Kamis, 29 April 2010

Sekedar Cerita - Kala Itu

Teruntuk ogilvian…

Sedikit cerita tentang masa lalu terkuak ketika aku kemarin membersihkan kamar. secarik kertas usang bertuliskan syair pendek masih terlihat jelas. ada tulisan Ogilvy disitu, yaaaa tidak salah lagi, ini adalah bait-bait yang menyatukan hati kita, mempertegas bahwa kita adalah mahasiswa komunikasi. aaahhhh… senang rasanya mengenang waktu itu, euforia kegembiraan mahasiswa baru sangat kental mengalir bersama semangat yang kita tumpahkan saat ospek.
Ingatkah kawan? kita bersenang-senang, bangga dengan alamamater kebesaran, keliling jogja hanya untuk beberapa jepret foto? ya…hanya foto. Ingatkah juga ketika kita sampai malem dikosan memei untuk ngerjain tugas ospek yang bejibun? makan sate padang? yaa… semangat seperti itulah yang aku rindukan…
Aku berharap kita bisa mengulangi lagi momen itu, tapi dengan toga dan ijasah kelulusan ditangan…



Selasa, 27 April 2010

photos - Nyepi Day

Saturday, March 13, 2010, both Hindus thronged the southern coast of Yogyakarta, precisely at the Beach Parangkusumo. This event is a series of ritual celebration of Nyepi day which held on Tuesday, March 16, 2010. They bring all existing facilities in the temple praying to being paraded to the beach to dip the feet into the sea water as a symbol of purification in order to progress the implementation of the Nyepi day calm and peaceful. This ceremony is usually called Melasti / mekiyis or purification.

The day before Nyepi, all Hindus Tawur Agung ceremony held at Prambanan Temple which is also still in order to hold the ritual cleansing before the summit, Nyepi Day.








dokumentasi - ulang tahun balkon

sehari setelah acara launching jurnal, balairung mengadakan syukuran atas keberhasilan balkon (salahsatu produk balairung) memenangkan lima dari enam kategori award yang diadakan oleh persma UNY beberapa waktu lalu. acara ini dibarengkan dengan ultah balkon yang ke sepuluh..

doa bersama, pemotongan tumpeng, pembacaan puisi dan nyanyi bareng menjadi moment indah yang takkan terlupakan.







Senin, 26 April 2010

dokumentasi - launching jurnal balairung 'rokok dari hulu ke hilir"

launching jurnal bal....wawwwww...sukses! tamunya banyak, dan acara lancar tanpa kendala yang berarti. yakk karna aku sendiri di bal adalah anak PDA (produksi dan artistik) konsentrasi (halaaaaaaaaaaahh, koyo kuliah wae) fotografer, so dalam kepanitiaan ini aku jadi sie dokumentasi.

beberapa moment yang sempat terekam...


























acara - Pameran Wonderland part 1 by nicoline patricia

Waktu Mulai:
28 April 2010 jam 17:00
Waktu Selesai:
09 Mei 2010 jam 21:00
Tempat:
Senayan City Promenade Area GF
Nama Jalan:
Jl. Asia Afrika Lot 19. Jakarta Selatan 10270
Kota/Daerah:
Jakarta, Indonesia

An experience of wonders, beauty and inspiration.
Bringing up the ancient and worshiped culture, history and treasure, memories of the forgotten lands, and combining them with the timeless touch of fashion. This is where and when weird and wonderful things do happen. It’s a fairytale, a postmodern folk story that comes true.


Styling : Michael Pondaag, Aldi Indrajaya, Dien Tirtobuwono
Hair & Make Up : Qiqi Franky & Team, Adrian Suryapradipa @B-Mgt, Fransisca Lanywati
Models : Yulia & Tanya @JIM, Dara @B-Mgt, Dao Dao & Luxi @Longteng Mgt, Laura Antonietta, Yulia Shumakova @LVDK

Andry Wibowo, Andre Wiredja, Hendri Dinata, Topher Koper, Fashion First, Sally Koeswanto, Priyo Oktaviano, Sapto Djojokartiko, Jeffry Tan, Eddy Betty, Deden Siswanto, UNESCO

Supported by :
Senayan City Fashion Nation
Sony Alpha
FAME 74

fb:http://www.facebook.com/event.php?eid=113914251971633

acara - Pameran Foto "The Kawah Ijen's Warriors"

A PHOTO EXHIBITION
TO COMMEMORATE MAYDAY

We cordially invite you to the exhibition opening of

THE KAWAH IJEN’S WARRIORS

ANDI ARI SETIADI
BARMEN SIMATUPANG
BUDI CHANDRA
MAHATMA PUTRA
PANJI WIJAYA

OPENING:
Saturday, May 1, 2010
19.30 Local Time
By Arifin Panigoro

GALERI FOTO JURNALISTIK ANTARA
Jl. Antara No. 59, Pasar Baru, Jakarta 10710
T/F: 021-3458771, www.gfja.org

BLUES COLLAR MAYDAY
featuring:
LIVE

GUGUN & BLUES SHELTER
OPPIE ANDARESTA
INONG LUBIS UNION


1 - 17 MAY 2010

GALLERY TALK:
Saturday, May 8th, 2010
16.00 Local Time
Speakers: Yudi Datau - Ari Sihasale

http:// www.ijenwarriors.com
fb:http://www.facebook.com/event.php?eid=114426978589411

Minggu, 25 April 2010

Sekedar Cerita - Resik-Resik Kamar

aaahhhh...harusnya tulisan ini aku post kemarin. gara2 net lemotnya ga ketulungan yaudahlah daripada ga jadi tak post, sekarang aja.zzzzz


....
pagi tadi sebelum subuh aku sudah bangun...
setelah tidur yang kurasa sangat nyenyak dan panjang, karena seminggu terakhir UTS dan kepanitiaan launching jurnal balairung lumayan menyita malamku, dan memuncak dua malam terakhir, Sejarah Il.KOm dan Media membuatku hanya tidur sejam saja...ahhh...salahku sendiri baru ngerjain malam itu, dan Jumat malam sampe Sabtu pagi aku juga hanya tidur sejam karna ngedit film buat acara launching jurnal balairung.

ahhhh... seger banget rasanya bangun pagi-pagi langsung mandi, membersihka rambutku yang udah usang dan nggembel (kata temenku), aku tau mereka iri ga punya rambut keren kayak rambutku,hahaaa

abis mandi aku langsung masuk kamar dan menuju komputer, nyalain dan liat situasi terbaru di dunia maya. fb yang udah dua hari ga kebuka, blog juga ga kesentuh, lansung deh bukaaaaa. update blog dulu laaaahhh...ada dua info lomba baru masuk mail ku..

di sela-sela aku bercinta dengan komputer, kulihat sekelilingku, wah wah... benar-benar kayak kapal pecah...kamarku gila banget berantakaaaaan. emang tiap hari gitu sih,haha.

yaaa, kalo pas musim ujian gini kamarku emang selalu semrawut. buku-buku, potokopian, sampah bekas snack, gelas dan hewan-hewan kecil macam semut berserakan tak karuan.

dan pagi tadi, sesuai janjiku pada diriku kemarin-kemarin, aku bersih-bersih kamar. ga hanya nyapu, tapi milah milah buku dan majalah yang campur baur bikin kemarin mumet nyari bukunya Mas Nunung buat ngerjain MPS.

karna disambi-sambi nonton power renjes n dragon ball, jam sebelas baru kelar...horeee...lama banget yaa...dari jam enam tadi

sebelum di bersihin







abis dibersihin





info lomba - Essay Competition - The 5th Banking Goes To Campus FEM IPB

Tenggat: 2 Mei 2010

Merupakan ajang kompetisi yang mengasah kemampuan analisis peserta dalam menyelesaikan permasalahan yang melanda perbankan dan ekonomi bangsa Indonesia dalam tulisan yang berbentuk essay. Kompetisi essay ini mengundang seluruh mahasiswa S1 dari Pulau Sumatra dan Jawa sebagai peserta untuk menguraikan permasalahan yang terjadi di dalam perbankan.
Pilihan Tema:

* Perkembangan Bank Syariah di Indonesia.
* Kehidupan Politik di Dunia Perbankan.

Deskripsi Tema:

* “Perkembangan Bank Syariah di Indonesia ”

* Peserta menjabarkan dalam bentuk essay mengenai alasan-alasan mengapa bank syariah berkembang lambat. Peserta harus memaparkan secara jelas dengan argument yang kuat dan fakta yangtersedia. Alasan pemilihan jawaban harus fokus dan sesuai dengan sistematis/aturan yang berlaku di dunia perbankan khususnya perbankan syariah.

# “Kehidupan Politik di Dunia Perbankan”

* Peserta menjabarkan dalam bentuk essay mengenai kehidupan politik yang telah terjadi di dunia perbankan selama ini. Argumen harus jelas dengan menampilkan contoh yang nyata ( yg pernah terjadi). Peserta harus tetap memaparkan dalam koridor perbankan tanpa melenceng terlalu jauh ke dalam politik. Tema ini hanya mempermasalahkan politik sebagai “invisible hand” yang secara kasat mata turut mencampuri keputusan – keputusan di dunia perbankan.

Waktu:

* 2 Mei 2010: Pengumpulan Essay terakhir.
* 10 Mei 2010: Pengumuman pemenang essay melaui telepon, email, dan website The 5th BGTC.

Syarat Peserta

1. Merupakan mahasiswa aktif S1 di salah satu Universitas negeri atau swasta di Pulau Jawa dan Sumatera dari seluruh jurusan dan disiplin ilmu;
2. Lomba ini merupakan lomba perorangan/individu;
3. Judul Essay bebas (Peserta bebas menentukan judul, tetapi masih dalam batasan tema);
4. Format essay :

* Kertas ukuran A4
* Essay maksimal 5 halaman
* Margin 4-3-3-3
* Times New Roman 12
* Spasi 1,5;

5. Peserta mengirim berkas sebagai beikut :

* 2 rangkap hasil karya essay dalam bentuk hardcopy via pos dan dalam bentuk softcopy via email
* Fotocopy KTM
* Pas foto 3×4, 3 Lembar
* Fotocopy bukti pembayaran;

6. Belum pernah dipublikasikan (orisinil);
7. Membayar uang pendaftaran sebesar RP. 40.000,- melalui transfer ke No. rekening : BNI 0153668665 a.n Rahmat Nugraha;
8. Lomba tertutup untuk Panitia BGTC.

Dewan Juri
Dewan juri yang dipercaya dalam Kompetisi Essay BGTC sebanyak 2 orang, dengan spesifikasi berikut:

* Bpk. Fery William Karo-Karo, merupakan Dosen Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB.
* Bpk. Toni Irawan, merupakan Dosen Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB.

Alur Essay

* Peserta mengirimkan hasil karyanya beserta formulir pendaftaran via pos dalam bentuk hardcopy ke alamat: FEM IPB ditujukan kepada Ketua BGTC BEM FEM Jl. Kamper Wing 2 LEVEL 5 Kampus IPB Dramaga Bogor, Jawa Barat 16680 dan juga dikirim melalui via email ke alamat bgtc5@yahoo.com dalam bentuk softcopy. Peserta akan diminta mengirimkan hasil karyanya dua rangkap (untuk hardcopy).
* Setelah seluruh hasil karya essay sudah diterima pada hari deadline-nya, kedua rangkap essay tersebut akan diberikan kepada setiap juri. Juri pun akan memberikan nilainya sampai tanggal yang sudah ditentukan panitia.
* Pengumuman pemenang akan dipublikasikan di web BGTC serta diberitahukan langsung ke para pemenang melalui via telepon ataupun email.
* Pada saat seminar perbankan The 5th BGTC, 16 Mei 2010, pengumuman pemenang lomba juga akan dilakukan kembali.

Formulir Pendaftaran
Download formulir pendaftaran di sini

Contact Person

* Eka: 085691104585
* Prischa: 08999508452

Sumber: Situs resmi Banking Goes to Campus

info lomba - Lomba Opini dan Foto “Indonesia Berprestasi” Menyambut Bulan Pendidikan

Tenggat: 19 Mei 2010
bulan Mei, bulan pendidikan, sebentar lagi datang. Untuk menyambutnya, Indonesia Berprestasi hendak mengadakan sebuah kompetisi menulis opini dan fotografi untuk kamu semua. Tujuannya? Untuk menampung semua gagasan dan pandangan kreatif dari kamu semua mengenai pendidikan di Indonesia. So, don’t be afraid. Just speak up your voice through us!
LOMBA OPINI

KETENTUAN UMUM:

1. Tema : Pendidikan Indonesia: Mau Dibawa ke Mana?
2. Tulisan berisi ulasan, kesan dan tanggapan serta masukan yang berharga sesuai dengan tema lomba
3. Hasil karya asli penulis. ( kutipan diperbolehkan, dengan mencantumkan sumber kutipan ).
4. Menggunakan bahasa Indonesia (termasuk didalamnya bahasa serapan, atau bahasa sehari-hari).
5. Tulisan wajib dipasang pada Blog peserta lomba atau media elektronik lainnya yang bisa diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja.
6. Tulisan juga wajib dicopy-paste di website Indonesia Berprestasi. Jika Anda belum terdaftar menjadi di web kami, maka dapat mendaftar melalui link berikut ini. Jika sudah, tulisan yang dicopy-paste dimasukkan ke dalam kategori Opini.
7. Posting yang diikutsertakan harus dipublikasikan pada saat kompetisi sedang berlangsung, bukan posting yang sudah dibuat sebelumnya.
8. Peserta harus bergabung dengan fanpage IB di facebook (Indonesia Berprestasi) dan juga harus follow Twiiter IB (GreatIndonesia).
9. Peserta diharuskan mengkonfirmasikan keikutsertaannya dengan mengirim email ke prestasi.indonesia@gmail.com. Data konfirmasi meliputi nama, alamat, email, nomor HP, dan link artikel pada IB

B. KETENTUAN KHUSUS:

1. Blog tidak mengandung unsur SARA atau mendiskreditkan pihak-pihak lain.
2. Blog tidak mengandung unsur pornografi dan tidak melanggar ketentuan hukum yang berlaku.
3. Interaksi pemilik blog dengan pembacanya termasuk promosi tulisan melalui Facebook dan twitter.
4. Peserta wajib memasang banner Indonesia Berprestasi pada blog masing-masing. Banner IB dapat diambil pada website Indonesia Berprestasi.
5. Tulisan harus dipromosikan dengan Facebook atau Twitter.

1. Untuk Facebook, peserta harus menyalin tulisannya dari Blog ke Facebook dan memberikan Tag kepada teman masing-masing minimal sebanyak 10 teman.
2. Untuk Twitter, peserta harus mencantumkan judul dan link tulisan di blog pada akun Twitter masing-masing. Pada post di Twitter, peserta wajib mencantumkan tag @greatindonesia serta hashtag #kompetisiopini dan #indonesiaberprestasi.

C. ASPEK PENILAIAN:
1. Kesesuaian dengan tema.
2. Penyajian
3. Orisinalitas

D. HADIAH:
Juara 1:Paket hosting Biang Professional(1,5 Gb selama 1 tahun) dari biangweb.com USB 4GB
Juara 2:Paket hosting Biang Hemat(750 Mb selama 1 tahun) dari biangweb.com Kaos Exclusive IB

E. WAKTU KOMPETISI
Kompetisi dibuka mulai 20 April – 19 Mei 2010
LOMBA FOTO
A. KETENTUAN UMUM:

1. Tema : Wajah Pendidikan Indonesia: Antara Realita & Harapan!
2. Foto merupakan hasil karya sendiri dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba foto manapun ataupun dipublikasikan secara luas dan harus memiliki kesesuaian dengan tema.
3. Foto boleh dihasilkan dari kamera apa saja.
4. Foto tidak boleh di-retouch menggunakan photo software (photoshop dll.).
5. Foto harus dimuat pada Blog peserta.
6. foto diberi judul dan essay singkat berupa keterangan tentang ide kreativitas yang ada di dalam foto (terutama tentang penjelasan tentang tema).
7. Peserta hanya boleh mengikutsertakan 1 (satu) buah foto terbaiknya.
8. Foto tidak mengandung unsur SARA dan pornografi.
9. Peserta harus bergabung dengan fanpage IB di facebook (Indonesia Berprestasi) dan juga harus follow Twiiter IB (GreatIndonesia).
10. Peserta diharuskan mengkonfirmasikan keikutsertaannya dengan mengirim email ke prestasi.indonesia@gmail.com . Data konfirmasi meliputi nama, alamat, email, nomor HP, dan link artikel pada IB

B. KETENTUAN KHUSUS:

1. Foto tidak mengandung unsur SARA atau mendiskreditkan pihak-pihak lain.
2. Foto tidak mengandung unsur pornografi dan tidak melanggar ketentuan hukum yang berlaku.
3. Interaksi pemilik blog(Tulisan foto) dengan pembacanya termasuk promosi tulisan melalui Facebook dan twitter.
4. Peserta wajib memasang banner Indonesia Berprestasi pada blog masing-masing. Banner IB dapat diambil pada website Indonesia Berprestasi.
5. Foto harus dipromosikan dengan Facebook atau Twitter.

1. Untuk Facebook, peserta harus mengunggah foto ke Facebook dan memberikan Tag kepada teman masing-masing minimal sebanyak 10 teman.
2. Untuk Twitter, peserta harus mencantumkan judul dan link tulisan di blog pada akun Twitter masing-masing. Pada post di Twitter, peserta wajib mencantumkan tag @greatindonesia serta hashtag #kompetisifoto dan #indonesiaberprestasi.

C. KRITERIA PENILAIAN

1. Kesesuaian dengan ketentuan umum dan khusus
2. Kreativitas dan relasi antara tema, ide & orisinalitas
3. kualitas & teknik foto tidak dinilai
4. Cerita foto

D. HADIAH:

Juara 1 :

Paket hosting Biang Professional(1,5 Gb selama 1 tahun) dari biangweb.com + USB 4GB

Juara 2 :

Paket hosting Biang Hemat(750 Mb selama 1 tahun) dari biangweb.com + Kaos Exclusive IB

E. WAKTU KOMPETISI

Kompetisi dibuka mulai 20 April – 19 Mei 2010

Kegiatan ini didukung oleh Biangweb.com

Sumber: Indonesia Berprestasi

Kamis, 22 April 2010

acara - ROKOK DARI HULU KE HILIR (launching jurnal BALAIRUNG #43)

Kemanakah arus keuntungan rokok mengalir ?
Akankah bermuara pada kesejahteraan kaum yang termarginalkan?
-----------------------------------------------------------------------------------

Perdebatan seputar Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Pengamanan Produk Tembakau Sebagai Zat Adiktif bagi Kesehatan yang diusulkan oleh Departemen Kesehatan menuai kontroversi. Beberapa pasal yang dipermasalahkan terkait pembatasan total promosi (pasal (10), (11), (12)) dan distribusi eceran (pasal (9) butir D). Pembatasan promosi dan distribusi itu dinilai banyak pihak bakal menurunkan tingkat konsumsi rokok. Lantas, produksi rokok dikurangi. Konsekuensinya, harga beli tembakau kemungkinan besar bakal diturunkan. Atau, volume pembelian bakal dikurangi. Kalau tidak begitu, pabrik rokok mungkin juga bakal mengurangi buruhnya. Para penjual rokok eceran pun bakal menambah angka pengangguran.

Asosiasi Petani tembakau Indonesia di Jawa Tengah dan Gabungan Perusahaan Pabrik Rokok Indonesia (Gapri) menilai RPP itu sama sekali tidak memihak petani dan menyalahi Roadmap Industri Tembakau 2007-2020. Tak hanya dari kalangan civil society, beberapa lembaga negara juga turut menolak RPP itu, antara lain Kementerian Perindustrian, Kementerian Keuangan, serta Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Koran Tempo, 7/3/2010). Disaat negara “mendua”, LSM-LSM yang selama ini rajin mengkampanyekan bahaya rokok dengan tegas mendukung pengesahan RPP itu. Komnas Perlindungan Anak, YLKI dan Pusat Studi Agama dan Masyarakat, Asosiasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, Swiss Contact, Lembaga Demografi FEUI, Forum Bahasa Indonesia Tobacco Control Support Center, serta Muhammadiyah menerima bantuan Bloomberg untuk kampanye anti rokok.

Kontroversi tentang rokok kian ramai ketika Muhammadiyah mengeluarkan fatwa haram, meminjam istilah Taufik Ismail, Tuhan Sembilan Senti yang banyak “disembah” pribumi itu. Ya, tingkat konsumsi rokok kretek nasional setiap tahunnya terus meningkat. Berdasarkan data yang dikutip majalah TEMPO edisi 22-28 Maret 2010, konsumsi rokok kretek nasional tahun 2007 mencapai 220 miliar batang, tahun berikutnya naik 20 miliar, tahun lalu mencapai 245 miliar. Tahun ini diperkirakan sampai 262 miliar batang. Data itu cukup relevan untuk mengklaim bahwa konsumsi rokok nasional terbilang tinggi.

Padahal, rokok jelas-jelas merugikan kesahatan dan dinilai menambah faktor penyebab kemiskinan. Inilah dua senjata ampuh pendukung kebijakan pengendalian produk rokok. Di sisi lain, industri rokok merupakan sumber basah pendapatan negara, penyerap tenaga kerja, serta penjamin kehidupan petani tembakau yang tak sedikit pula. Inilah fakta-fakta pendukung penolakan pembatasan rokok.

Pada 15 Maret 2010 lalu, seperti dilansir oleh okezone.com, puluhan perusahaan rokok di Sidoarjo terancam gulung tikar. Penyebabnya, bulan Januari sebelumnya pemerintah telah menaikkan tarif cukai rokok. Tarik-ulur kepentingan pun kian menegang.

Secara sederhana, tarik-ulur kepentingan industri rokok berkelindan pada relasi antara petani tembakau, pabrik rokok, buruh, dan negara. Konteks hubungan industrial. Permasalahannya, relasi itu tidak menguntungkan secara berimbang. Perkembangan industri rokok ternyata tidak mampu menyejahterakan petani dan buruh secara signifikan.

Posisi buruh masih lemah. Petani juga tak punya kuasa menentukan harga tembakau. Semuanya didominasi oleh kuasa negara dan modal. Taring kaum intelektual pada kompleksitas relasi ini pun seolah tumpul. Kebijakan-kebijakan tentang rokok yang tak jarang melibatkan kalangan akademisi dan seharusnya menjamin keberimbangan relasi malah mengukuhkan posisi dominan pabrik rokok dan negara sebagai penyerap cukai.

--------------------------

Tanggal 24 April 2010
Pukul 09.00 WIB - selesai
Ruang Seminar Fakultas Biologi UGM
Jl. Teknika Selatan, Sekip Utara, Yogyakarta 55281


Pembicara:

1. Prof. Dr. Susetiawan (Akademisi UGM)
2. Niken Rachmad (Corporate Affairs Sampoerna)
3. Khamid (Sekretaris Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia)
4. Darso (Kepala Bagian Makanan, Minuman, dan Tembakau Dinas Perindustrian dan Perdagangan Yogyakarta)



Menampilkan:
Accoustic Performance Psikologi UGM

Free snack and Full doorprize

FREE ENTRY

fb: http://www.facebook.com/event.php?eid=112258502140924&index=1

CP: Ay 085645686780

P.S. : Bagi yang ingin membeli Jurnal, seharga 25.000 rupiah saja.

acara - Pameran Foto Klastic Regional Yogyakarta 'WOMEN ON TOP"

WOMEN ON TOP
Pameran Foto Klastic Regional Yogyakarta
Kurator: Tampan Destawan S.


“Women on Top” sebagai tema foto yang kami angkat, akan mencoba menggambarkan sisi lain perempuan.
"Women on Top" mencoba menggali lagi sisi perempuan yang lebih dalam, dimana perempuan akan digambarkan sebagai makhluk yang memiliki kelebihan –diluar kelebihan secara fisik—sehingga dengan kelebihan itu mereka dapat berperan.
melalui "Women on Top," akan meleburkan semua visi mengenai perempuan dalam rekaman tak bergerak.

23-25 April 2010
Cafe Bale
Jl. Pandega Karya 290, Yogyakarta (depan foodfezt jakal km. 5,5)

Pembukaan:
23 April 2010
18.00

Workshop:
Pengenalan Kamera Lo-Fi
23 April 2010
19.00

Tips dan Trik Kamera Lo-Fi
24 April 2010
19.00

Live Performance:
Fade, Annabeth, El Gringgo, Den Jaka, Comeon Superstar, The Tampan, ADSR, Kimndut, dan AMNESIAC SYNDROME
25 April 2010
15.00

Serta Bazaar film dan kamera oleh DoeaLensa

facebook:http://www.facebook.com/event.php?eid=118176254859333&index=1
contact person:
siska (085643419592)

info lomba - Premium Competition Futsal Season 2010

Pelaksanaan:
27Mei-5 Juni 2010
pukul 16.00-20.00
tempat: Joglo Futsal Jalan Parangtritis km 4 Yk (sebelah utara ringroad selatan)

Total Hadiah Rp. 2.250.000,00

info lomba - Lomba Karya Tulis Bidang TIK

tenggat: 30 Juli 2010

Lomba ini diperuntukkan bagi mahasiswa D3 maupun S1 di seluruh Indonesia sebagai salah satu media untuk mengasah kemampuan menulis essay ilmiah serta menyampaikan pendapat.

eMasTIK atau Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Tahun 2010, merupakan program Direktorat Penilitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) DIKTI, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas peserta didik sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia.

geMasTIK adalah pergelaran berbagai kegiatan mahasiswa tingkat sarjana dan diploma dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia dalam bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Diselenggarakan atas kerjasama Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan Nasional Republik, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya.

BENTUK KOMPETISI DAN TANGGAL - TANGGAL PENTING


Lomba terdiri dari dari dua kategori, yaitu lomba utama dan pendukung.

1. Lomba utama adalah lomba karya tulis bidang TIK

1. Lomba karya tulis bidang TIK merupakan kompetisi perorangan tingkat perguruan tinggi untuk mahasiswa S1 dan D3.
2. Dalam kompetisi ini peserta menyampaikan idenya dalam bentuk essay ilmiah dalam Bahasa Indonesia.
3. Topik essay untuk kompetisi ini adalah: UU Informasi dan Transaksi Elektronik: langkah maju untuk perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia?
4. Dalam lomba ini peserta wajib mengumpulkan makalah dan apabila menjadi peserta terpilih pada Babak Final, peserta wajib melaksanakan presentasi dan diskusi terkait topik.

# Tanggal-tanggal penting yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :
Kegiatan Waktu Keterangan
Pendaftaran 1 Apr – 30 Jul Online
Pengiriman makalah 1 Apr – 30 Jul Online
Penjurian awal 1 Ags – 27 Ags Online
Pengumuman finalis 2 Sep Online
Realisasi dan penyempurnaan makalah 2 Sep – 2 Okt Online
Batas akhir pengiriman makalah hasil perbaikan 2 Okt Online
Konfirmasi kehadiran dalam acara final 2 Sep – 2 Okt Online
Penjurian akhir / final 6 Okt – 7 Okt On-site, Kampus ITS Keputih Sukolilo, Surabaya.

SYARAT KARYA YANG DIKOMPETISIKAN

Persyaratan karya makalah yang diikutsertakan dalam Lomba Karya Tulis Bidang TIK meliputi ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

1. Topik: UU Informasi dan Transaksi Elektronik: langkah maju untuk perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia?
2. Karya yang dikirimkan merupakan karya academic essay Bahasa Indonesia, individual asli, bukan saduran atau terjemahan dan belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apapun sebelumnya. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu makalah/esay.
3. Presentasi dan diskusi yang harus diikuti oleh para finalis juga menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar.
4. Makalah dikirimkan melalui e-mail dan diterima paling lambat oleh panitia tanggal 30 Juli 2010 dengan menyertakan lembar identitas (terpisah, tidak menjadi bagian dari makalah):

1. Nama
2. Judul Makalah
3. Perguruan Tinggi
4. Tingkat / Semester ke Berapa
5. Alamat e-mail
6. No. Telepon / HP yang dapat dihubungi

# Makalah ditulis dalam format MS Word font Arial 11, spasi 1,5, margin kiri dan atas 4 cm, kanan dan bawah 3 cm, tidak lebih dari 2400 kata (tidak termasuk gambar).
# Apabila peserta terpilih pada Babak Final, peserta dapat merevisi makalah yang dikirimkan. Revisi yang dapat diterima adalah revisi minor terhadap isi pada makalah dengan pokok bahasan yang tetap.
# Panitia berhak untuk menyebarkan / mempublikasikan judul dan abstrak sesuai kebutuhan sesuai nama penulis. Isi makalah selengkapnya tetap menjadi hak penulis.
# Keputusan dewan juri bersifat mutlak. Tidak ada surat menyurat ataupun komunikasi dengan panitia/juri selama proses penjurian ataupun mengenai hasil lomba.
# Peserta/karya yang tidak memenuhi kriteria di atas dinyatakan gugur secara otomatis.
SYARAT PESERTA KOMPETISI

Persyaratan peserta Lomba Karya Tulis Bidang TIK adalah sebagai berikut:

1. Lomba Karya Tulis Bidang TIK merupakan kompetisi yang bersifat perorangan.
2. Mahasiswa D3 maupun S1, dibuktikan dengan foto kopi KTM yang masih berlaku.
3. Peserta wajib mendaftarkan diri melalui situs http://gemastik.its.ac.id. Pendaftaran dibuka sejak tanggal 1 April hingga 30 Juli 2010.

TAHAP - TAHAP KOMPETISI

1. Penjurian awal :

1. Makalah tertulis

# Kompetisi Babak Final :

1. Presentasi
2. Tanya jawab

MEKANISME DAN KRITERIA PENILAIAN

1. Lomba Karya Tulis Bidang TIK
Babak Penyisihan / Penjurian Awal

1. Kelengkapan makalah: Judul, Abstrak, Pendahuluan, Isi / pokok makalah, Kesimpulan, Referensi.
2. Kejelasan ide utama, fokus makalah dan argumentasi.
3. Kerunutan penyajian.
4. Keunikan dan seberapa meyakinkan makalah yang ditulis.
5. Ketepatan pemilihan kata dan kalimat, termasuk tata bahasa.


Babak Final

1. Setiap makalah akan dinilai oleh semua juri.
2. Jumlah peserta : 12 peserta.
3. Waktu presentasi : 15 menit dan Tanya Jawab : 15 menit.
4. Unsur penilaian meliputi unsur penilaian pada babak Penyisihan/ Penjurian Awal dan metode penyampaian serta sikap finalis pada saat presentasi.


Sumber: Situs GEMASTIK 2010

info lomba - Vaseline Men Video Contest on Facebook

Tenggat Upload: 15 Mei 2010

Kehidupan seorang Pria penuh dengan tantangan. Dalam mengatasi berbagai tantangan itu seorang Pria dituntut untuk menguasai berbagai kemampuan dan keterampilan. Sekarang saatnya bagi kamu menunjukan dan berbagi kepada dunia berbagai tips, trik dan skill tentang aktivitas Pria.

Jadi tunggu apa lagi? Ambil camcorder, ajarkan sesuatu, rekam lalu upload video kamu yang paling orisinal, kreatif, ber-skill dan kamu banget!!

Contoh video: http://bit.ly/aDb6JY

Tapi sebelum itu semua silakan silakan baca syarat, ketentuan dan keterangannya sebagai berikut.

Tema Kontes Video:
"Let The World Know about Your Tips, Trick and Skills of Men’s Activities"

Peserta Kontes:
Fan dari Fan Page Vaseline Men Amazing Journey. Dengan meng-upload video, sesuai ketentuan yang telah ditetapkan, pada wall Fan Page Vaseline Men Amazing Journey seorang Fan secara otomatis menjadi peserta kontes.

Pemberi Komentar dan "Like":
Fan dari Fan Page Vaseline Men Amazing Journey.

Dewan juri:
Team Fan Page Vaseline Men Amazing Journey

Hadiah:
Dua buah canon G-11 untuk dua video terbaik (masing-masing satu)

Mekanisme Penilaian:

* 40 % dari jumlah "Like" dan interaksi yang terjadi pada kolom komentar video.
* 60 % dari hasil penjurian yang terdiri dari faktor kreativitas, orisinalitas, efektivitas komunikasi, pemenuhan persyaratan dan produksi video secara keseluruhan (alur, timing, dan faktor teknis lainnya).
* Bila dewan juri menemukan video peserta di website YouTube dengan menggunakan kata kunci yang berhubungan akan menjadi nilai tambah tersendiri. (kata kunci: "vaseline men how to")


Waktu Perlombaan:

1. Video yang dipertimbangkan dewan juri adalah video yang di-upload antara:
1 April 2010, pukul 18:00 W.I.B. s.d. 15 Mei 2010, pukul 24:00 W.I.B.
2. Komentar dan "Like" yang dipertimbangkan dewan juri adalah komentar dan "Like" yang dilakukan antara:
1 April 2010, pukul 18:00 W.I.B. s.d. 15 Mei 2010, pukul 24:00 W.I.B.
3. Pengumuman pemenang akan dilakukan selambat-lambatnya satu pekan setelah tanggal penutupan penerimaan video tersebut di atas.


Tata Cara Perlombaan:

1. Peserta kompetisi, komentator dan pemberi "Like" bersedia menjadi Fan dari Fan Page Vaseline Men Amazing Journey
2. Usia minimal untuk berpartisipasi menjadi peserta kontes ini adalah 17 tahun per 1 Maret 2010
3. File video dapat langsung di-upload pada wall Fan Page Vaseline Men Amazing Journey.
4. Setiap video yang disertakan harus diberi judul "How to …." (titik-titik desesuaikan dengan kegiatan yang diperagakan).
5. Dalam setiap video yang disertakan pada lomba ini wajib menampilkan tulisan Vaseline Men pada bagian akhir video (outro) seperti yang telah dicontohkan dalam video pada link berikut http://bit.ly/acT5ho .
6. Dalam setiap video yang disertakan pada lomba ini wajib mencantumkan identitas pembuat dan berbagai kredit pada bagian akhir video(outro) seperti yang telah dicontohkan dalam video pada link berikut http://bit.ly/acT5ho .
7. Setiap video yang disertakan pada lomba ini wajib menuliskah #vaselinemen-videocontest-on-fb pada bagian awal keterangan (caption) video tersebut dan boleh dilanjutkan dengan keterangan tambahan video, tag-tag orang yang ada di video tersebut atau orang lain yang diharapkan melihat video tersebut :D . (cara mengetag dapat dilihat pada link berikut http://bit.ly/3bYwv )


Syarat dan Ketentuan

1. Video yang disertakan harus masuk ke dalam kategori ditujukan untuk penonton segala umur.
2. Isi video tidak boleh mengandung unsur pornografi, SARA, politik dan kegiatan melawan hukum yang berlaku di wilayah hukum Republik Indonesia.
3. Tema video harus sesuai dengan tema yang telah ditetapkan untuk kontes ini.
4. Bila dewan juri menganggap isi video tidak memenuhi poin 1 dan 2 maka video dapat langsung didiskualifikasi dan dihapus dari Fan Page. Sedangkan untuk point 3 boleh tetap ikut tetapi kemungkinan menangnya tipis :D
5. Durasi maksimal pada setiap video yang disertakan dalam kontes adalah 1,5 menit (90 detik), bila melebihi batas durasi tersebut otomatis video didiskualifikasi.
6. Efek spesial diperkenankan selama tidak terlalu "lebay".
7. Seluruh penggunaan konten yang ada di dalam video merupakan tanggung jawab dari pembuat video, termasuk di dalamnya apabila menggunakan footage, musik, ilustrasi dan/ atau model yang disertakan.
8. Setiap peserta diperkenankan untuk mengikutsertakan maksimal dua (2) karya videonya.


Ketentuan Tambahan:

1. Pemenang wajib menunjukan raw footage (video sebelum tahap editing) kepada dewan juri
2. Pemenang wajib melakukan otentifikasi account Facebook-nya dan menyerahkan foto kopi kartu identitas diri resmi yang masih berlaku (KTP/SIM/PASSPORT).
3. Peserta menyatakan tunduk pada seluruh ketentuan yang berlaku dalam kontes video ini.
4. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu merespon perkembangan yang terjadi tanpa pemberitahuan terlebih dahulu (tapi kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk konsisten dan tidak merugikan peserta :) ).
5. Tidak ada kewajiban bagi dewan juri untuk menayangkan detil dari proses dan hasil penjurian. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.


CP Panitia Amazing Blog Contest:
vaselinemen@gmail.com
http://www.facebook.com/note.php?note_id=382187616766 ( http://bit.ly/b2u5da )
http://facebook.com/VaselineMEN
http://twitter.com/VaselineMEN

info lomba - Sayembara Menulis Novel Dewan Kesenian Jakarta 2010

Tenggat: 30 September 2010

Setelah terakhir kali Novel “Tanah Tabu” karya Anindita S. Thayf – yang menjadi pemenang pertama sayembara novel 2008 – telah sukses diterbitkan Gramedia Pustaka Utama pada medio 2009 lalu, Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta kembali hadir tahun ini mencari karya-karya terbaik lainnya.

Sayembara 2 tahunan ini terbuka bagi siapa saja, baik dari pengarang Indonesia yang sudah punya nama maupun pemula, yang memperlihatkan kebaruan dalam bentuk dan isi. Sayembara akan mencari karya terbaik sebagai pemenang utama untuk dihadiahi uang tunai sebesar Rp 20.000.000, dan empat pemenang unggulan yang akan dihadiahi uang tunai masing-masing sebesar Rp 7.500.000.

Untuk merangsang dan meningkatkan kreativitas pengarang Indonesia dalam penulisan novel, Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) kembali menyelenggarakan Sayembara Menulis Novel. Lewat sayembara ini DKJ berharap lahirnya novel-novel terbaik, baik dari pengarang Indonesia yang sudah punya nama maupun pemula, yang memperlihatkan kebaruan dalam bentuk dan isi. Adapun persyaratannya sebagai berikut:

Ketentuan Umum

* Peserta adalah warga negara Indonesia (dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk atau bukti identitas lainnya).
* Peserta boleh mengirimkan lebih dari satu naskah.
* Naskah belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun, baik sebagian maupun seluruhnya.
* Naskah tidak sedang diikutkan dalam sayembara serupa.
* Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik.
* Tema bebas.
* Naskah adalah karya asli, bukan saduran, bukan jiplakan (sebagian atau seluruhnya)

Ketentuan Khusus

* Panjang naskah minimal 150 halaman kuarto, 1,5 spasi, Times New Roman 12
* Peserta menyertakan biodata dan alamat lengkap dalam lembar
* tersendiri, di luar naskah
* Empat salinan naskah yang diketik dan dijilid dikirim ke:

Panitia Sayembara Menulis Novel DKJ 2010
Dewan Kesenian Jakarta
Jl. Cikini Raya 73
Jakarta 10330

* Batas akhir pengiriman naskah: 30 September 2010 (cap pos atau
* diantar langsung)
* Lain-lain
* Para Pemenang akan diumumkan dalam Malam Anugerah Sayembara Menulis Novel DKJ 2010 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada pertengahan Januari 2011.
* Hak cipta dan hak penerbitan naskah peserta sepenuhnya berada pada penulis.
* Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat dan tidak diadakan surat-menyurat.
* Pajak ditanggung pemenang.
* Sayembara ini tertutup bagi anggota Dewan Kesenian Jakarta periode 2009-2012.
* Maklumat ini juga bisa diakses di www.dkj.or.id
* Dewan Juri: Agung Ayu, Anton Kurnia, dan A.S. Laksana


Hadiah

* Pemenang utama Rp. 20.000.000
* Empat pemenang unggulan @ Rp. 7.500.000

Selamat berlomba!

Dimas Fuady
Public Relations Jakarta Arts Council
www.dkj.or.id

info lomba - Lomba Artikel Blog & Notes Pendidikan Berhadiah Smartphone & Beasiswa Jutaan

UNDANGAN LOMBA PENULISAN ARTIKEL BLOG & NOTES PENDIDIKAN

HADIAH UTAMA:
Satu (1) Unit Smartphone SAMSUNG CORBY.

HADIAH HIBURAN :
Beasiswa Pendidikan Profesi Satu Tahun Berbasis Kompetensi Linux/Open Source yang Langka & Sangat Dibutuhkan Saat ini.

Domain + Hosting Internet Gratis 1 Tahun

Syarat Administratif:
Peserta adalah Khusus PELAJAR (dibuktikan dengan Kartu Pelajar/Surat Keterangan dari Sekolah pada saat pengambilan Hadiah apabila Menang).
Peserta Kelas XII yang dinyatakan Lulus pada tahun 2010 ini masih terkategori Pelajar dan boleh mengikuti Lomba.

Peserta berdomisili di JABODETABEK.

Memiliki Blog pribadi atau Account Facebook.

Tulisan di muat di Blog pribadi atau Notes di Facebook dan mengirimkan email konfirmasi sekaligus sebagai pendaftaran berisi NAMA, TTL, ALAMAT, SEKOLAH, EMAIL dan URL tulisan (bukan url blog) pada body email ke alamat lomba@nurulfikri.com dengan subject email “Lomba Penulisan Blog Pendidikan”
Lomba ditutup (penerimaan naskah) pada tanggal 15 Mei 2010 Pukul 24.00 WIB.

Syarat Teknis Tulisan :
Gaya bahasa bebas, gaul namun mudah dibaca,informatif dan tidak mengandung SARA.
Tulisan bertema ‘Pendidikan di Indonesia’ dengan subtema :
-Pendidikan formal vs nonformal
-Peran penting pendidikan nonformal di Indonesia
-Memilih pendidikan berbasis kompetensi

Harus ada kata “LP3T Nurul Fikri” dengan url mengarah ke http://www.nurulfikri.com di dalam tulisan.

Tulisan harus orisinil, belum pernah dipublikasikan sebelumnya dan bukan karya orang lain.

Tulisan dimuat di Blog masing-masing mulai tanggal 15 April 2010 hingga 15 Mei 2010.

Penilaian :
Pemenang dinilai dari berbagai aspek terutama informatif, kreatif, inovatif dan memenuhi prasyarat tulisan yang baik.

Naskah yang masuk dipublikasikan judulnya pada situs http://blog.nurulfikri.com hingga batas waktu terakhir dan masuk sesi penjurian.

Pengumuman :
Pengumuman ditulis di http://blog.nurulfikri.com pada tanggal 20 Mei 2010 (Kamis) dan dikirim juga ke alamat email pemenang.

Keputusan Juri tidak dapat diganggu gugat dan tidak diadakan surat menyurat.

info lomba - LOMBA FOTO JURNALISTIK, BLOG, DAN BERKARYA DENGAN BARANG BEKAS -AKSI KREASI #2-

Dalam rangka memperingati ulang tahun Bulaksumur Pos yang ke -10, maka Surat Kabar Mahasiswa (SKM) Bulaksumur UGM mengadakan serangkaian lomba sebagai berikut:



A. Lomba Fotografi Jurnalistik

Tema : Potret Anak

Biaya pendaftaran : Rp 20.000,00

Fasilitas peserta : tas Aksi Kreasi #2



Lomba fotografi jurnalistik dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori umum/mahasiswa dan pelajar.

Ketentuan peserta kategori mahasiswa/umum dan pelajar:

- Karya lomba foto jurnalistik kategori mahasiswa/umum dikumpulkan dalam format essay foto dengan jumlah foto antara 3-5.

- Karya lomba foto jurnalistik kategori pelajar berupa foto tunggal

- Foto dikumpulkan dalam ukuran 4R.

- Dibalik foto tulis keterangan foto (title dan caption)

- Mengumpulkan CD berisi file digital dalam format jpeg.

- Di dalam CD disertakan pula essay dalam format doc atau rtf.

- Essay ditulis dengan font times new roman 12 spasi 1,5.

- Foto dikumpulkan dalam amplop coklat tertutup dengan subjek Aksi Kreasi #2 dan tulis identitas peserta.

- Pengumpulan foto bertempat di SKM UGM Bulaksumur, Jalan Kembang Merak Bulaksumur B21. (barat Masjid Kampus UGM).

- Pengumpulan foto pada tanggal 19 April-12 Mei 2010

- Foto tidak menyinggung SARA.

- 10 foto terbaik dari masing-masing kategori akan dipamerkan pada acara Aksi Kreasi #2, 30 Mei 2010 bertempat di Gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjosoemantri.



Juri:

- Hermitianta Prasetya (Fotografer SKH Radar Jogja)

- Pamungkas (Dosen fotografi jurnalistik ISI)



Pengumuman pemenang:

- Pengumuman pemenang masing-masing kategori pada acara puncak Aksi Kreasi #2, 30 Mei 2010 bertempat di Gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjosoemantri.

- Keputusan juri mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.



Hadiah untuk masing-masing kategori:

Juara I : Rp 750.000,00

Juara II : Rp 500.000,00

Juara III : Rp 250.000,00



B. Lomba Blog

Tema : Anak dan Internet

Biaya pendaftaran : Rp 20.000,00

Fasilitas peserta : tas Aksi Kreasi #2

Lomba blog dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori umum/mahasiswa dan pelajar.



Ketentuan lomba blog kategori umum/mahasiswa dan pelajar:

- Panjang tulisan antara 500-800 kata.

- Tulisan adalah karya asli penulis dan tidak melanggar hak cipta.

- Tulisan belum pernah diikutsertakan di lomba lain yang sejenis.

- Tulisan tidak menyinggung SARA.

- Menampilkan link www.bulaksumur-online.com di blog peserta.

- Alamat blog peserta akan ditampilkan di www.bulaksumur-online.com.

- Peserta mendaftarkan diri di SKM UGM Bulaksumur , Jalan Kembang Merak Bulaksumur B21(barat Masjid Kampus UGM).

- Pendaftaran dan upload karya peserta pada tanggal 19 April-12 Mei 2010.

- Karya 10 besar masing-masing kategori akan dipublikasikan di Bulaksumur Online (www.bulaksumur-online.com) dan dipamerkan pada acara Aksi Kreasi #2, 30 Mei 2010 bertempat di Gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjosoemantri.



Kriteria penilaian:

- Kesesuaian tulisan dengan tema lomba.

- Orisinalitas tulisan.

- Komunikatif, alur yang runtut dan mudah dipahami.

- Manfaat tulisan bagi masyarakat luas.



Juri:

- Wisnu Martha Adiputra SIP MSi (Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi UGM).

- Yuniardi Noor Arifin (Ketua Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia cabang Bantul).



Pengumuman pemenang:

- Pengumuman pemenang masing-masing kategori pada acara puncak Aksi Kreasi #2, 30 Mei 2010 bertempat di Gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjosoemantri.

- Keputusan juri mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.



Hadiah untuk masing-masing kategori:

Juara I : Rp 500.000,00

Juara II : Rp 300.000,00

Juara III : Rp 200.000,00

Sumber: situs resmi bulpos

Senin, 19 April 2010

info lomba - Lomba Menulis Cerpen Remaja (LMCR) 2010 - LIP ICE-SELSUN Golden Award

Tenggat: 15 September 2010 (dibuka mulai 21 April 2010)

Berhadiah Total Rp 85 Juta + LIP ICE-SELSUN GOLDEN AWARD. Peserta Siswa SLTP (Kategori A), Siswa SLTA (Kategori B) dan Mahasiswa/Guru/Umum (Kategori C)

Syarat-syarat Lomba:

1. Lomba ini terbuka untuk pelajar tingkat SLTP (Kategori A), SLTA (Kategori B) dan Mahasiswa/Guru/Umum (Kategori C) dari seluruh Indonesia maupun yang studi/bekerja di luar negeri. Kecuali keluarga besar PT ROHTO Laboratories Indonesia dan Panitia/Dewan Juri LMCR 2010
2. Lomba dibuka 21 April 2010 dan ditutup 15 September 2010 (Stempel Pos)
3. Tema Cerita: Dunia remaja dan segala aspek kehidupannya (cinta, kebahagiaan, kepedihan, harapan, kegagalan, cita-cita, derita dan kekecewaan)
4. Judul bebas tetapi harus mengacu tema Butir 3
5. Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu judul
6. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia literer (indah, menarik, mengalir) dan komunikatif. Bahasa gaul dan bahasa daerah/asing boleh digunakan untuk segmen dialog para tokohnya – jika itu diperlukan dan sesuai dengan tema
7. Naskah yang dilombakan harus asli (bukan jiplakan) dan belum pernah dipublikasi

Ketentuan Khusus:

1. Naskah ditulis di kertas ukuran kuarto, ditik berjarak 1,5 spasi, font 12, huruf Times New Roman, margin justified 2 Cm, panjang naskah antara 6 – 10 halaman, dikirim ke panitia dalam bentuk printout 3 (tiga) rangkap/copy disertai file dalam bentuk CD.
2. b. Cantumkan sinopsis maksimal 1 (satu) halaman, mini-biodata pengarang, foto 4R, fotocopy KTP atau SIM/Paspor/Student Card
3. Setiap judul cerpen yang dilombakan wajib dilampiri kemasan LIP ICE (bagian kartonnya) atau segel SELSUN Shampo jenis apa saja
4. d. Naskah cerpen yang dilombakan beserta persyaratannya dimasukkan ke dalam satu amplop (boleh berisi beberapa judul), cantumkan tulisan PESERTA LMCR-2010 dan Kategori-nya di atas amplop kanan atas dan dikirim ke: Panitia LMCR-2010 LIP ICE-SELSUN GOLDEN AWARD – Jalan Gunung Pancar No.25 Bukit Golf Hijau, Sentul City Bogor 16810
5. Hasil lomba diumumkan tanggal 15 Oktober 2010 melalui www.rayakultura.net dan www.rohto.co.id

1. Keputusan Dewan Juri bersifat final dan mengikat
2. Hasil Lomba:

Masing-masing kategori: Pemenang I, II, II dan 5 (lima) Pemenang Harapan Utama, 10 (sepuluh) Pemenang Harapan dan Pemenang Karya Favorit untuk Kategori A: 20 Pemenang, Kategori B: 60 Pemenang dan Kategori C: 100 Pemenang.

Hadiah Untuk Pemenang:

Kategori A (Pelajar SLTP)

* Pemenang I – Uang Tunai Rp 4.000.000,- + LIP ICE-SELSUN GOLDEN AWARD
* Pemenang II – Uang Tunai Rp 3.000.000,- + Piagam LIP ICE-SELSUN
* Pemenang III – Uang Tunai Rp 2.000.000,- + Piagam LIP ICE-SELSUN
* 5 (lima) Pemenang Harapan Utama masing-masing mendapat Uang Tunai Rp 1.000.000,- + Piagam LIP ICE-SELSUN
* 10 (sepuluh) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Bingkisan dari PT ROHTO + Piagam LIP ICE-SELSUN
* 20 (dua puluh) Pemenang Karya Favorit masing-masing mendapat Piagam LIP ICE-SELSUN
* Seluruh pemenang mendapat hadiah ekstra 1 (satu) Buku Kumpulan Cerpen Pemenang Utama LMCR-2010
* Sekolah Pemenang I, II dan II berhak mendapat 1 (satu) unit TV

Kategori B (Pelajar SLTA)

* Pemenang I – Uang Tunai Rp 5.000.000,- + LIP ICE-SELSUN GOLDEN AWARD
* Pemenang II – Uang Tunai Rp 4.000.000,- + Piagam LIP ICE-SELSUN
* Pemenang III – Uang Tunai Rp 3.000.000,- + Piagam LIP ICE-SELSUN
* 5 (lima) Pemenang Harapan Utama masing-masing mendapat Uang Tunai Rp 1.000.000,- + Piagam LIP ICE-SELSUN
* 10 (sepuluh) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Bingkisan dari PT ROHTO + Piagam LIP ICE-SELSUN
* 60 (enam puluh) Pemenang Karya Favorit masing-masing mendapat Piagam LIP ICE-SELSUN
* Seluruh pemenang mendapat hadiah ekstra 1 (satu) Buku Kumpulan Cerpen Pemenang Utama LMCR-2010
* Sekolah Pemenang I, II dan III berhak mendapat 1 (satu) unit TV

Kategori C (Mahasiswa/Guru/Umum)

* Pemenang I – Uang Tunai Rp 7.500.000,- + LIP ICE-SELSUN GOLDEN AWARD
* Pemenang II – Uang Tunai Rp 6.000.000,- + Piagam LIP ICE-SELSUN
* Pemenang III – Uang Tunai Rp 4.000.000,- + Piagam LIP ICE-SELSUN
* 5 (lima) Pemenang Harapan Utama masing-masing mendapat Uang Tunai Rp 1.500.000,- + Piagam LIP ICE-SELSUN
* 10 (sepuluh) Pemenang Harapan masing-masing mendapat Bingkisan dari + Piagam LIP ICE-SELSUN
* 100 (seratus) Pemenang Karya Favorit masing-masing mendapat Piagam LIP ICE-SELSUN
* Seluruh pemenang mendapat hadiah ekstra 1 (satu) Buku Kumpulan Cerpen Pemenang Utama LMCR-2010

1. Naskah cerpen yang dilombakan jadi milik PT ROHTO, hak cipta milik pengarangnya. Informasi lebih lanjut e-mail ke rayakultura@gmail.com

Jakarta, 10 April 2010

Ketua Panitia LMCR-2010

Dra. Naning Pranoto, MA



Sumber: Situs Raya Kultura

info lomba - iB Blogger Competition 2010

Tenggat: Hingga Desember 2010

iB Blogger Competition adalah lomba penulisan artikel di Social Blog Kompasiana dengan tema umum mengenai iB (baca: ai-Bi) Perbankan Syariah. Lomba bersifat terbuka untuk masyarakat umum, jurnalis, mahasiswa/pelajar, penulis dan penggiat blog di media online.
TENTANG LOMBA

Lomba berlangsung sepanjang tahun 2010, mulai bulan Maret 2010 hingga Desember 2010. Lomba ini memperebutkan hadiah utama MacBook Air yang akan diumumkan di akhir lomba. Setiap bulan, Kompasiana akan mengumumkan satu Tulisan Terbaik Bulanan yang berhak atas hadiah satu unit BlackBerry Gemini (total 10 BlackBerry untuk 10 orang pemenang).

Kompasiana mengundang para blogger untuk menuliskan pengalaman, hasil reportase maupun gagasan dan ide kreatif seputar Perbankan Syariah sesuai dengan tema yang telah ditentukan.

TEMA LOMBA

Peserta lomba memilih satu dari tiga tema berikut. Setiap tema memiliki jenis tulisan yang berbeda, sehingga para peserta diminta memahami penjelasan untuk setiap tema:

*

Saya dan Bank Syariah
Apa dan bagaimana produk Bank Syariah yang kamu kenal? Ceritakan pengalamanmu atau pengalaman orang-orang di sekitarmu dalam berbank syariah (berinteraksi dengan Bank Syariah).
*

Bank Syariah Idaman Saya
Ungkapkan harapan dan gagasanmu yang bisa menginspirasi para praktisi perbankan syariah dalam mengembangkan Bank Syariah di Indonesia. Pastikan idemu tidak hanya invotif tapi juga applicable.
*

Saya Mau Semua Orang Tahu Bank Syariah
Apa yang akan kamu lakukan agar semakin banyak orang menggunakan bank syariah? Tulis ide kreatifmu di sini, atau ceritakan bagaimana kamu memperkenalkan Bank Syariah kepada orang lain sehingga mereka tertarik bertransaksi bank secara syariah.

KETENTUAN & HADIAH

Ketentuan Umum

1.

Lomba terbuka untuk masyarakat umum, jurnalis, mahasiswa/pelajar, penulis, penggiat media online blog.
2.

Peserta harus memiliki blog atau account di situs jejaring sosial (wordpress, blogspot, facebook, myspace, friendster, dll) dengan tematik bebas. Blog yang dimiliki tidak mengandung/menyebarluaskan content yang merendahkan ataupun mendiskreditkan kelompok tertentu terkait SARA, dan tidak mengandung konten yang bersifat melanggar kesusilaan secara umum dan/atau pornografi. Penyelenggara dapat mendiskualifikasi peserta yang tidak memenuhi ketentuan ini.
3.

Karya Lomba ditulis dalam bahasa Indonesia dan/atau bahasa Inggris secara populer dengan gaya bahasa bebas, minimal 500 kata dan maksimal tidak dibatasi.
4.

Karya Lomba tidak boleh mengandung/menyebarluaskan materi yang merendahkan ataupun mendeskreditkan kelompok tertentu terkait SARA, dan tidak mengandung content yang bersifat melanggar kesusilaan secara umum dan atau pornografi.
5.

Karya Lomba harus asli, bukan terjemahan, saduran, bukan hasil plagiat, atau mengambil ide dari karya yang sudah ada. Tulisan yang terbukti merupakan hasil plagiat/saduran/terjemahan akan didiskualifikasi dari lomba dan dinyatakan gugur.
6.

Karya Lomba bersifat baru yang dibuat dalam rangka mengikuti iB Blogger Competition, belum pernah ditayangkan dan tidak sedang dikirimkan ke media manapun.
7.

Tulisan yang diikutsertakan dalam lomba langsung tayang di Kompasiana (http://kompasiana.com) dan dan microsite iB Blogger Competition, sehingga bisa dibaca dan ditanggapi oleh semua pengguna Kompasiana.

Ketentuan Teknis

1.

Karya Lomba ditempatkan dan ditayangkan di Kompasiana dengan memilih Kategori ibbloggercompetition pada saat menempatkan ( post) tulisan.
2.

Untuk bisa mengikuti lomba ini, peserta harus sudah terdaftar di Kompasiana dan melakukan registrasi lomba di microsite iB Blogger Competition dengan mengisi data-data yang diminta.
3.

Artikel yang diikutsertakan dalam lomba harus ditayangkan juga di blog dan/atau situs jejaring sosial milik peserta. Peserta wajib menyertakan tautan (link) nya di bagian akhir Karya Lomba.
4.

Peserta boleh mengirim lebih dari satu tulisan.
5.

Lomba berlangsung sepanjang tahun 2010, mulai bulan Maret hingga Desember 2010.
6.

Karya Tulis ditayangkan oleh peserta paling lambat setiap akhir bulan. Dewan juri akan mengumumkan pemenang lomba bulanan di bulan berikutnya.
7.

Di akhir lomba, para finalis dan pemenang bulanan berkesempatan memperebutkan hadiah utama satu unit MacBook Air. Ketentuan Pemenang Utama diumumkan kemudian.

K eterangan Lain

1.

Panitia berhak menggunakan artikel yang masuk untuk keperluan publikasi namun hak cipta tetap pada penulis.
2.

Keputusan juri mengikat dan tidak bisa diganggu gugat.
3.

Pengumuman pemenang akan dimuat di microsite iB Blogger Competition dan Berita Admin Kompasiana.
4.

Pemenang akan mendapatkan surat pemberitahuan langsung dari Kompasiana tanpa melalui perantara lain. Mekanisme penyerahan hadiah diatur kemudian.
5.

Kompasiana tidak memungut biaya dalam penyelenggaraan lomba ini.

Hadiah Lomba

1. Hadiah Bulanan: Satu unit BlackBerry Gemini dan merchandise menarik untuk Satu Orang Pemenang Bulanan.
2. Hadiah Utama: Satu unit MacBook Air untuk dan merchandise menarik Satu Orang Pemenang Utama.

Sumber: Situs resmi iB Blogger Competition

info lomba - Lomba Foto PIGEON KIDS: Aku dan Aktivitasku

Tenggat: 21 Mei 2010

Teman-teman, ikuti lomba foto bersama Pigeon Kids yuk!
Tema fotonya adalah: “Aku dan Aktivitasku”. Jadi foto yang dikirim bisa saat kita sedang bermain, berolahraga, belajar, dan lain-lain.
Kamu bisa mendapatkan hadiah:

* Juara 1: Rp. 5.000.000 + Paket Pigeon Kids
* Juara 2: Rp. 3.000.000 + Paket Pigeon Kids
* Juara 3: Rp. 2.000.000 + Paket Pigeon Kids
* 15 Pemenang Hiburan @ Rp. 200.000 + Paket Pigeon Kids

Ini lho, syarat-syaratnya:

1. Lomba hanya untuk teman-teman yang berusia 3-7 tahun.
2. Foto harus asli, artinya bukan hasil foto studio ataupun rekayasa komputer, serta dicetak berwarna ukuran 4R.
3. Boleh mengirim lebih dari 1 (satu) foto, tetapi setiap foto harus disertai kemasan atau label Pigeon Kids.
4. Tuliskan juga data diri kamu: Nama, Usia, Tempat/Tanggal Lahir, Nama Sekolah, Kelas dan Alamat Sekolah, Nama Orangtua, Alamat Rumah Lengkap, serta Nomor Telepon.

Foto dikirim ke:

Bagian Iklan Majalah Mombi
Gedung Gramedia Majalah Unit 1, Lt. 1
Jl. Panjang No. 8A, kebon Jeruk, Jakarta 11530

Jangan lupa tuliskan: "Lomba Foto Pigeon Kids, Aku dan Aktivitasku" di bagian kiri atas amplop ya…

Batas pengiriman foto adalah tanggal 21 Mei 2010 (cap pos).

Pemenang akan diumumkan di:

* Majalah Bobo Junior edisi 23 Juni 2010
* Majalah Disney Junior edisi 24 Juni 2010
* Majalah Mombi edisi 30 Juni 2010
* Info pada www.kidnesia.com bulan Juni 2010

* Foto yang kalian kirim dan hak publikasinya menjadi milik Gramedia Majalah dan Pigeon Kids.
* Penilaian juri nantinya hanya berdasarkan foto.
* Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
* Lomba Foto Aku dan Aktivitasku tidak berlaku bagi karyawan dan keluarga PT. Multi Indocitra Tbk. beserta biro iklannya.

HATI-HATI PENIPUAN!
Lomba ini tidak dipungut biaya apapun. Pajak hadiah sudah ditanggung oleh pihak penyelenggara.



Sumber: Situs resmi Pigeon

Minggu, 18 April 2010

info lomba - Lomba MenuLis Cerpen MajaLah Say 2010

Syarat dan ketentuan:
1. Lomba terbuka untuk pelajar, mahasiswa, dan umum
2.Tema harus remaja (Cinta, persahabatan, petualangan, fiksi ilmiah, misteri, humor, dll.
3. Setiap peserta boleh mengirim kebih dari 1 judul.
4. Naskah diketik rapi 1,5 spasi. Banyak karakter 10.000-13.000 karakter.
5. Naskah harus asli (belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun)
6. Naskah dikirim dalam format print out / CD dan wajib melampirkan formulir asli yang terdapat di Majalah SAY.
7. Naskah dikirim dalam amplop tertutup, paling lambat tanggal 30 Juni 2010 (stempel pos)
8. Lomba tertutup bagi karyawan atau keluarga besar Majalah SAY (cetak dan online).
9. Keputusan Jur tidak dapat diganggu gugat.
10. Naskah yang masuk menjadi milik majalah SAY. Cerpen yang tidak menang tapi layak muat akan diberikan honor reguler.
11. Fotokopi KTP atau identitas lainnya.
12. Naskah dikirim ke:
REDAKSI MAJALAH SAY
Jl. ALAYDRUS NO. 45
JAKARTA PUSAT 10130

Hadiah untuk pemenang:
Hadiah I : Rp 2.000.000,-
Hadiah II : Rp 1.500.000,-
Hadiah III : Rp 1.000.000,-

6 pemenang berbakat @ Rp 500.000,-
10 pemenang hiburan akan mendapatkan bingkisan menarik dari Majalah SAY.

info lomba - LOMBA MENULIS 2010 RESENSI SENI RUPA

LOMBA MENULIS RESENSI SENI RUPA

Dewasa ini dunia seni rupa modem dan kontemporer Indonesia menunjukan perkembangan yang sangat pesat. Berbagai kreativitas seniman telah melahirkan visualisasi bentuk karya yang sangat bervariatif, demikian pula ajang perhelatan seni rupa ramai digelar di berbagai tempat dan daerah. Namun perkembangan ini masih belum sejalan dengan peningkatan apresiasi seni di kalangan masyarakat luas, khususnya di kalangan generasi muda (pelajar). Karya seni rupa tidak saja memiliki fungsi dan pemaknaan yang bermanfaat bagi siapapun yang mampu menikmati dan menghargainya, tetapi juga merupakan karya budaya sebuah bangsa.

Oleh karenya Galeri Nasional Indonesia sebagai lembaga khusus yang melaksanakan fungsi perlindungan, pengembangan dan pemanfaatakan karya seni rupa dalam kurun waktu dasa warsa ini telah konsisten dan aktif menggelar dan menyebarluaskan informasi tentang karya seni rupa, melalui program pameran, workshop, lomba, penulisan buku (katalog), bimbingan (guiding) dan pelayanan publik lainnya yang bersifat edukatif-kultural dan rekreatif.

Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan daya apresiasi masyarakat di bidang seni rupa, GNI akan menggelar Lomba Menulis Resensi Seni Rupa. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendorong atau mewadahi minat dan potensi generasi muda dibidang penulisan popular atau jumalistik dengan melakukan kunjungan, tinjauan, pengamatan dan interpretasi terhadap peristiwa maupun karya-karya seni rupa modem dan kontemporer, seperti lukisan, patung, seni instalasi, desain, seni grafis, fotografi, kriya dll.

I. Ketentuan Lomba

- Naskah resensi dapat berupa tulisan reportase, narasi/tinjauan seni.
- Tulisan merupakan karya sendiri (orisinal) dan aktual
- Belum pernah dilombakan dan dipublikasikan dalam bentuk apapun.
- Naskah yang dikirim ke panitia berupa softcopy, disertai CD (hardcopy).
- Naskah tidak mengandung unsur SARA.

II. Prosedur

- Peserta mengadakan pengamatan langsung terhadap kegiatan pameran-pameran penting seni rupa dalam kurun waktu 3 bulan; dari bulan April sampai dengan Juni 2010 atau melalui kajian terhadap karya-karya seni rupa yang telah diterbitkan dalam buku/katalog.

- Tulisan yang dikirimkan ke panitia maksimal 2 resume (2 event) yang diunggulkannya.

- Setiap resensi ditulis minimal 2 halaman dan maksimal 5 halaman (1,5 spasi Times New Roman) di atas kertas A4 80gr.

- Bila perlu disertai data pendukung lainnya seperti foto event/karya yang menjadi obyek pengamatan.

- Biodata peserta ditulis pada lembar terpisah dari naskah resensi.

- Tulisan dikirim selambat-lambatnya tanggal 30 Juni 2010, pukul 16.00 WIB ke:

Sekretariat Panitia
Lomba Resensi Seni Rupa
c.q.: Iwa AS, Farida BS, Rizki AR, Afrina R

Galeri Nasional Indonesia (GNI)
Jalan Merdeka Timur 14
Jakarta 10110
Telepon (021) 3848971
Facimile (021) 3813021

III. Peserta Lomba

- Lomba ini bersifat terbuka bagi siswa SLTA dan yang sederajad di seluruh Indonesia.

IV. Juri

Tim Juri berjumlah 3 orang yang memiliki latar belakang sebagai kurator, penulis dan pengamat seni rupa.

V. Pemenang dan Hadiah

- Total hadiah Rp10.500.000,00

- Kategori pemenang terdiri dari; pemenang pertama, kedua, ketiga dan 2 pemenang harapan.

VI. Waktu/Tempat Penjurian

Pemenang akan diumumkan pada hari Sabtu tanggal 31 Juli 2010 pukul 12.00 WIB di Ruang Kuratorial Galeri Nasional Indonesia, bersamaan dengan penyelenggaraan “PAMERAN SENI RUPA ANAK BERPRESTASI”.

Sumber : http://indonesiabuku.com/?p=5022

info lomba - Pesta Bahari 2010 dan Lomba Renang Selat Riau

Kepulauan Riau merupakan daerah maritim yang kaya akan potensi wisata, salah satu sektor wisata yang belum dikelola secara optimal adalah bidang kebaharian/ laut.

Laut selain sebagai sarana penghubung dan pemersatu antar pulau, bisa juga menjadi objek wisata bahari yang mempunyai nilai jual dan dapat menghasilkan konstribusi yang positif bagi suatu wilayah. Dalam rangka membina semangat bahari, meningkatkan olahraga bahari dan mengembangkan pariwisata bahari, Prov Kepri bekerjasama dengan Pemko Batam, Pemda Bintan dan TNI AL (Lantamal IV) akan menyelenggarakan Kejuaraan Terbuka Renang Selat Riau (Riau Strait Fin Swimming Open) Raja Haji Fisabilillah Cup danFestival Bahari tahun 2010.

Guna terselenggaranya kejuaraan tersebut pemerintahan Kepri membentuk kepanitiaan dengan menerbitkan Surat Keputusan Gubernur Kepulauan Riau No. 436 Tanggal 3 November Tahun 2009 tentang Susunan Panitia Lomba Renang Selat Riau Tahun 2010 dengan susunan kepanitiaan terdiri dari personel Pemprov Kepri, TNI AL (Lantamal IV), Pemko Batam dan Pemda Bintan.

Susunan kepanitiaan diantaranya melibatkan :

Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI S.M. Darojatim sebagai Ketua Umum,

Sekda Prov Kepri Bpk. Edi Wijaya SE. MM

Sebagai Wakil Ketua Umum. Gubernur Kepri Bpk Ismeth Abdulah dan

Panglima Armada Barat Laksamana Muda TNI Marsetio MM Selaku pelindung.

Launching Kepanitiaan Kejuaraan Renang Selat Riau dan Festival Bahari Tahun 2010 diresmikan oleh Gubernur Kepri Bpk. Ismeth Abdullah di Ball Room Hotel Good Way Batam, Sabtu 5 Pebuari 2010.

Visi dan Misi

Visi

Mewujudkan Provinsi Kepulauan Riau sebagai salah satu pusat kebaharian nasional dalam payung budaya Melayu.

Misi

a. Memasyarakatkan olah raga perairan.

b. Meningkatkan jiwa dan semangat cinta bahari generasi muda.

c. Mempromosikan budaya melayu

d. Mempromosikan potensi dan Wisata bahari.

e. Membangun pusat kebaharian

f. Menjadi agenda dua tahunan nasional.

Macam-macam Lomba dan Eksibisi :

1. Bulan Pebruari s/d April. Dilaksanakan Lomba Karya Tulis Kebaharian tingkat SMU dan Perguruan Tinggi seluruh Indonesia (dikumpulkan di Sekretariat Lomba Panitia Pusat Tanjungpinang).

2. Sabtu & Minggu, tanggal 19-20 Juni 2010.

a) Festival Bahari di Tanjung Uban Pulau Bintan dengan kegiatan : Hiburan Tradisional Budaya Melayu.

2) Bazaar dan Pasar Rakyat. Lomba kebaharian :

(a) Lomba mewarnai gambar tingkat TK

(b) Lomba melukis tingkat SD dan SMP.

b) Festival Bahari di Batam dengan kegiatan :

1) Panggung hiburan.

2) Kolaborasi Tari Melayu, Reog Ponorogo dan Barong Say.

3) Bazaar dan Pameran Industri Maritim.

3. Sabtu, tanggal 19 Juni 2010.

Dilaksanakan lomba dengan route Tanjung Ubang – Kabil Batam jarak tempuh 10.000 M antara lain :

a) Eksibisi Jetski`(peserta Tim dari wilayah Kepri).

b) Eksibisi Sampan Layar (peserta Tim dari wilayah Kepri).

c) Eksibisi Perahu Karet di perairan Kabil (peserta Tim dari wilayah Kepri).

d) Eksibisi Perahu Kolek di perairan Tanjung Uban (peserta Tim dari wilayah Kepri).

e) Eksibisi Perahu Yacht (peserta terbuka untuk umum dan luar negeri).

4. Minggu, tanggal 20 Juni 2010.

Dilaksanakan lomba dengan route Tanjung Uban – Kabil Batam jarak tempuh :

5 NM (± 9.270 M), diantaranya lomba :

a) Kejuaraan Renang Selat Riau (peserta terbuka untuk umum dan luar negeri).

b) Eksibisi Dragon Boat Race (peserta Tim dari wilayah Kepri).

c) Eksibisi Perahu Cano (peserta Tim dari wilayah Kepri)

d) Demo Terjun Payung oleh Pasukan Khusus TNI AL.

Tempat Pendaftaran.

1. Kantor DKP Provinsi Kepulauan Riau, Jl. D.I. Panjaitan No. 8 Tanjungpinang Telp (0771) 443005 / Fax (0771) 443004 / Hp 08117041357.

2. Sekertariat Panitia Lomba Renang Selat Riau, Staf Operasi Mako Lantamal IV, Jl. Yos Soedarso 1 Tanjungpinang Tel/Fax (0771) 318430, HP 08566640998 e-mail : aesanjaya@yahoo.com.

Bagi yang berminat mengikuti Kejuaraan Terbuka Renang Selat Riau (Riau Strait Fin Swimming Open) Raja Haji Fisabilillah Cup tahun 2010.

pendaftaran tidak dipungut biaya / GRATIS Sie Publikasi Panitia RSR 2010

Sumber : http://focusindosukses.com/2010/03/pesta-bahari-2010/

info lomba - Lomba Artikel Ilmiah IATMI 2010

Untuk pertama kalinya, Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI)
Komisariat Cirebon menggelar lomba penulisan artikel ilmiah. Ada dua
tema yang bisa dipilih peserta, yaitu tulisan seputar dunia migas ATAU
pelestarian lingkungan (go green).

Ketentuan Umum:

1. Lomba terbuka untuk umum, perseorangan (bukan kelompok) tanpa
batasan usia dan harus memiliki blog pribadi (bukan perusahaan).
2. Peserta boleh mengajukan lebih dari satu naskah.
3. Peserta mendaftarkan diri dengan menyertakan judul tulisan,
alamat blog, biodata (nama, TTL, alamat e-mail, no telepon yang bisa
dihubungi) ke iatmicirebon@ yahoo.com paling lambat tanggal 25 Mei 2010.
4. Peserta memasang link www.iatmi-cirebon. org di blognya.
5. Daftar peserta yang masuk akan di-update melalui
www.iatmi-cirebon. org dan iatmi-cirebon. blogspot. com
6. Lomba dibuka mulai tanggal 1 April 2010 dan ditutup tanggal 1
Juni 2010.
7. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 15 Juli 2010 melalui website
IATMI Cirebon.
8. Keputusan panitia tidak bisa diganggu-gugat.
9. Naskah yang tidak menang tetapi dinilai layak muat akan
dipublikasikan melalui website IATMI Cirebon dan akan mendapatkan honor
yang sesuai.

Ketentuan Naskah:

1. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia dan memenuhi kaidah Ejaan
yang Disempurnakan (EYD).
2. Panjang tulisan maksimal 700 kata (atau 1-2 halaman A4 dengan
spasi 1.5).
3. Tulisan tidak menyinggung SARA serta unsur-unsur yang melanggar
norma susila.
4. Tulisan merupakan hasil karya sendiri, bukan merupakan terjemahan
langsung, plagiat atau jiplakan. Apabila diketahui tulisan tidak
memenuhi syarat ini, panitia berhak membatalkan keikutsertaannya dalam
lomba.
5. Tulisan dimuat di blog peserta dalam periode waktu 1 April 2010
sampai dengan 1 Juni 2010.
6. Karya belum pernah dipublikasikan di media manapun sebelumnya,
baik cetak maupun elektronik serta tidak sedang diikutsertakan dalam
perlombaan lain.

Hadiah bagi pemenang adalah sebagai berikut:

Pemenang I berhak atas uang tunai Rp 1.000.000,00.
Pemenang II berhak atas uang tunai Rp 750.000,00.
Pemenang III berhak atas uang tunai Rp 500.000,00.
Serta honor Rp 100.000,00 bagi naskah yang tidak menang tetapi layak
muat.

Jika ada pertanyaan, silakan hubungi iatmicirebon@ yahoo.com

info lomba - Lomba Penulisan Artikel Blog & FB Notes Pendidikan

Tenggat: 15 Mei 2010

NurulFikri.com mengadakan lomba penulisan khusus Pelajar. Berhadiah Smartphone & Beasiswa Jutaan.
ADIAH UTAMA:
Satu (1) Unit Smartphone SAMSUNG CORBY.

HADIAH HIBURAN :

* Beasiswa Pendidikan Profesi Satu Tahun Berbasis Kompetensi Linux/Open Source yang Langka & Sangat Dibutuhkan Saat ini.
* Domain + Hosting Internet Gratis 1 Tahun


Syarat Administratif:

* Peserta adalah Khusus PELAJAR (dibuktikan dengan Kartu Pelajar/Surat Keterangan dari Sekolah pada saat pengambilan Hadiah apabila Menang).
* Peserta Kelas XII yang dinyatakan Lulus pada tahun 2010 ini masih terkategori Pelajar dan boleh mengikuti Lomba.
* Peserta berdomisili di JABODETABEK.
* Memiliki Blog pribadi atau Account Facebook.
* Tulisan di muat di Blog pribadi atau Notes di Facebook dan mengirimkan email konfirmasi sekaligus sebagai pendaftaran berisi NAMA, TTL, ALAMAT, SEKOLAH, EMAIL dan URL tulisan (bukan url blog) pada body email ke alamat lomba@nurulfikri.com dengan subject email “Lomba Penulisan Blog Pendidikan”
* Lomba ditutup (penerimaan naskah) pada tanggal 15 Mei 2010 Pukul 24.00 WIB.


Syarat Teknis Tulisan :

* Gaya bahasa bebas, gaul namun mudah dibaca,informatif dan tidak mengandung SARA.
* Tulisan bertema ‘Pendidikan di Indonesia’ dengan subtema :

1. Pendidikan formal vs nonformal
2. Peran penting pendidikan nonformal di Indonesia
3. Memilih pendidikan berbasis kompetensi
4. Harus ada kata “LP3T Nurul Fikri” dengan url mengarah ke http://www.nurulfikri.com di dalam tulisan.
5. Tulisan harus orisinil, belum pernah dipublikasikan sebelumnya dan bukan karya orang lain.
6. Tulisan dimuat di Blog masing-masing mulai tanggal 15 April 2010 hingga 15 Mei 2010.


Penilaian :

* Pemenang dinilai dari berbagai aspek terutama informatif, kreatif, inovatif dan memenuhi prasyarat tulisan yang baik.
* Naskah yang masuk dipublikasikan judulnya pada situs

http://blog.nurulfikri.com hingga batas waktu terakhir dan masuk sesi
penjurian.

Pengumuman :

* Pengumuman ditulis di http://blog.nurulfikri.com pada tanggal 20 Mei 2010 (Kamis) dan dikirim juga ke alamat email pemenang.
* Keputusan Juri tidak dapat diganggu gugat dan tidak diadakan surat menyurat.

informasi lanjut : http://blog.nurulfikri.com/event-promo/lomba-blog-berhadiah-smartphone-beasiswa-jutaan/

info lomba - Amazing Journey Blog Contest

Tenggat: 15 Mei 2010

Hi bloggers! Ini saatnya kamu unjuk kebolehan menulis! Dapatkan hadiah keren Canon Powershot G11 dari Vaseline MEN. Ikuti caranya berikut ini:
Syarat Blog Peserta

1. Peserta adalah laki-laki/perempuan 18-35 tahun, WNI dan berdomisili di Indonesia
2. Peserta mempunyai blog sendiri
3. Memasang badge lomba Vaseline MEN Amazing Journey yang kodenya terdapat di bawah peraturan ini
4. Tulisan yang dilombakan memasang tag “Vaseline MEN Amazing Journey”.

Ketentuan Penulisan

1. Peserta membuat postingan tentang program Amazing Journey Vaseline MEN.
2. Isi tulisan bisa berupa satu dari topik-topik berikut:

1. info mengenai adanya games dan challenges Amazing Journey di website http://vaselinemen.com
2. keinginan untuk nonton pertandingan sepak bola terbesar di Afrika Selatan,
3. pentingnya kesehatan kulit bagi pria.
3. Tulisan boleh dibuat dalam blog masing-masing (berbasis blogspot, wordpress, multiply, dll.), atau bisa juga dalam notes di Facebook masing-masing peserta.
4. Tulisan memuat link ke situs Amazing Journey (http://vaselinemen.com).
5. Tulisan diambil dari pengalaman/pengamatan pribadi, bisa hanya berupa teks, tapi bisa juga dengan memuat grafis, foto atau video agar lebih komunikatif.
6. Tulisan bisa berupa tulisan serius atau dengan gaya santai/lucu.
7. Untuk mengirimkan tautan (link) tulisan, peserta harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke Discussion Board Facebook thread Pendaftaran Blog Contest (silakan ikuti link berikut http://bit.ly/aj7DkP )
8. Tiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu tulisan, baik dengan tema yang sama atau pun berbeda. Maksimal pengiriman 3 tulisan per peserta.
9. Peserta diperkenankan untuk melakukan promosi tulisannya melalui social media untuk mengundang lebih banyak respon.
10. Batas waktu untuk melakukan publikasi tulisan adalah 15 Mei 2010.

Badge Lomba

Salah satu badge berikut harus dipasang di blog masing-masing peserta lomba. Badge bisa dipasang di artikel atau pada sidebar blog.

Penentuan Pemenang

1. Penilaian didasarkan pada penyajian tulisan, interaksi dengan pembaca dan popularitas tulisan tersebut. Keputusan Juri tidak dapat diganggu gugat.
2. Nama-nama pemenang akan diumumkan di Facebook Vaseline MEN pada tanggal 22 Mei 2010 dan pemenang akan diminta mengirim data diri melalui email.
3. Hadiah Blog Contest adalah 1 Canon Powershot G11 untuk 1 orang pemenang.
4. Pemberian hadiah akan dilakukan pada acara Ultimate Challenge 5 Juni 2010 di Cilandak Town Square, Jakarta. Untuk pemenang yang berdomisili di luar wilayah Jabodetabek, hadiah akan dikirim ke alamat tinggal.

Ikuti Facebook dan Twitter Vaseline MEN untuk mendapatkan info-info terbaru mengenai Amazing Journey!

Tunggu apa lagi, bro? Ayo kirim tulisanmu sekarang juga!

CP Panitia Amazing Blog Contest:
vaselinemen@gmail.com
http://www.facebook.com/note.php?note_id=385658976766



Info lomba dari:
Temon Vaseline Men

info lomba - Kompetisi Blog Berhadiah Jalan-jalan ke Belanda

Tenggat: 30 April 2010

Kompetiblog Studi di Belanda adalah kompetisi menulis dikalangan blogger Indonesia. Kegiatan ini bersifat rutin dan tahun 2010 adalah tahun ke-2 penyelenggaraan Kompetiblog Studi di Belanda. Tulisan peserta memuat pengetahuan, pendapat serta pengalaman individu sesuai dengan tema yang ditetapkan oleh panitia. Pemenang utama kompetisi ini akan berkesempatan mengikuti summer course di Utrecht Summer School, Utrecht, Belanda selama dua minggu.
Latar Belakang:

* Data survey kami lebih dari 60% target group kami memperoleh informasi mengenai studi di Belanda melalui internet
* Blog menjadi media alternatif yang semakin popular dan meningkat penggunanya di Indonesia,.
* Blog menjadi salah satu peluang berkomunikasi dengan generasi muda yang aktif, partisipatif dan siap menjadi bagian dari komunitas global
* Masih rendahnya kesadaran publik Indonesia mengenai informasi studi di Belanda secara umum

Tujuan:

* Memperkenalkan Studi di Belanda sebagai identitas baru pendidikan tinggi Belanda yang telah diakui reputasi dan kualitasnya di dunia
* Menciptakan dan meningkatkan kesadaran mengenai studi di Belanda
* Menjalin dan mengenal komunitas bloggers di Indonesia
* Bersama dengan Dagdigdug ikut membantu mensosialisasikan blog sebagai alternatif media.

Tema kompetisi:

“Dutch innovation, in my opinion”

* Tema tulisan terkait dengan kemajuan ilmu pengetahuan baik ilmu pasti atau ilmu sosial di Belanda
* Penemuan ilmiah yang berdampak luas bagi dunia / masyarakat
* Inovasi dimana Belanda unggul dan terkenal di bidangnya

Waktu kompetisi:
5 April – 30 April 2010

Hadiah:

* I mengikuti summer course di Utrecht Summer School, Belanda
* II Netbook
* III Ipod Touch

Tema tulisan: “Dutch innovation, in my opinion”

1. Warga Negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia saat mengikuti kompetisi ini
2. Usia antara 17-35 tahun
3. Belum pernah menempuh studi di Belanda
4. Memiliki blog pribadi
5. Mendaftar di blog ini

Kriteria penjurian

1. Isi sesuai dengan tema yang sedang dilombakan
2. Kreativitas, eksplorasi ide dan ruang lingkuo informasi yang digunakan dalam tulisan yang diikutsertakan
3. Interaksi pemilik blog dengan pembacanya termasuk promosi tulisan melalui Facebook dan twitter
4. Posting yang diikutsertakan harus dipublikasikan pada saat kompetisi sedang berangsung, bukan posting yang sudah dibuat sebelumnya
5. Posting belum pernah dibuat sebelumnya
6. Posting bisa berupa tulisan atau tulisan dan foto
7. Maksimal 3 posting untuk satu blogger
8. Tulisan dibuat bisa dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris

Kriteria khusus

1. Satu peserta, satu blog
2. Blog tidak mengandung unsur pornografi dan tidak melanggar ketentuan hukum yang berlaku
3. Blog tidak mengandung unsur SARA atau mendiskreditkan pihak-pihak

Waktu kompetisi:
Kompetisi dibuka mulai 5 April – 30 April 2010.

Cara mengikuti

1.Di blog masing-masing:

1. Membuat tulisan/posting sesuai tema
2. Setiap tulisan/posting yang diikutkan kompetisi memasang badge kompetiblog yang kode HTML-nya diambil dari halaman Resources
3. Badge ditempatkan pada awal tulisan, di dalam postingan
4. Jika tulisan/posting menggunakan gambar, peserta wajib mencantumkan kreditasi atau asal-usul gambar dan hak ciptanya
5. Setiap tulisan/posting yang diikutkan kompetisi mencantumkan tags “kompetiblog” dan “studi di belanda”
6. Tulisan dalam blog dibuat dan dipublish selama waktu kompetisi berlangsung 5 April – 30 April 2010


2.Di Facebook dan atau Twitter
Untuk Facebook:

1. Menyalin tulisan/posting sesuai tema pada fitur “notes” di akun facebook masing-masing peserta.
2. Melakukan tag terhadap teman teman di facebook minimal 10

Untuk twitter:

1. Mencantumkan judul dan link tulisan/posting di blog pada akun twitter masing-masing peserta
2. Melakukan tag terhadap akun twitter @studidibelanda dibelakang judul dan link tulisan/posting
3. Mencantumkan hash tag #k2010

3.Di blog kompetiblog:

1. Mendaftar di halaman pendaftaran
2. Lengkapi data diri yaitu Nama Lengkap (Nama Depan dan Nama Belakang) serta Alamat Blog di halaman user profile
3. Setelah mendapatkan verifikasi, peserta dapat login untuk melakukan “copy and paste” dari tulisan di blognya
4. Kategori yang harus dipilih adalah “peserta”
5. Bagde tidak perlu dimasukkan
6. Tulisan ditutup dengan mencantumkan tautan/URL posting di blog asal milik peserta

3.Scoring:
Ketentuan: Definisi dari masing-masing kriteria sebagai berikut:

Tema:

* Sesuai dengan tema kompetisi
* Inspiratif, membuat pembacanya terinspirasi studi di Belanda
* Informatif, memberikan informasi yang bermanfaat untuk pembacanya
* Isi keseluruhan cerita

Originalitas:

* Realistis
* Unik

Kreativitas:

* Angle cerita dan tata bahasa yang menarik orang untuk membaca
* Menampilkan foto

Interaksi:

* Komentar
* Cara blogger untuk bisa menarik orang untuk memancing pembacanya untuk berdiskusi dan memberikan komentar



Sumber: Kompetiblog

info lomba - Words Share Contest Inspirational Public Figure

Tenggat: 20 Mei 2010

Words Share Contest (WSC) merupakan lomba yang diadakan secara online melalui FB AKU BISA dengan cara mensharingkan artikel, cerita, pemikiran, atau pengalaman pribadi dalam bentuk tulisan.

WSC kali ini diadakan dengan tema Inspirational Public Figures . Mengapa tema ini yang diangkat? Tema ini diangkat mengingat banyaknya tokoh inspiratif di dunia ini yang telah menghasilkan pemikiran-pemikiran dan karya-karya besar yang berpengaruh dalam kehidupan manusia. Disamping itu, kita semua dapat mendapatkan pengetahuan baru yang sangat berharga dengan belajar dari banyak tokoh di dunia ini dari pengalaman hidupnya, cara mereka menghadapi segala permasalahan kehidupan yang dihadapi, perjuangan tokoh tersebut dalam meraih kesuksesan, pemikiran-pemikiran maupun karya yang mereka hasilkan, dan lain sebagainya.
WSC kali ini diadakan dengan format yang hampir sama dengan WSC sebelumnya. Peserta mengirimkan tulisan mengenai tokoh-tokoh inspiratif dunia yang dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada orang lain dalam menjalani kehidupannya sehari-hari (tulisan dikirim ke email akubisa@akubisa.co.id). Peserta akan mensharingkan tentang pelajaran apa saja yang dapat diperoleh dari tokoh tersebut dan bagaimana semangat ‘AKU BISA’ diterapkan oleh tokoh tersebut. Tulisan yang dikirim peserta akan di publish di NOTES Facebook AKU BISA oleh Admin.

PERIODE KOMEPETISI
Kompetisi ini akan diselenggarakan pada periode:
Rabu, 14 April 2010 – Kamis, 20 Mei 2010

HADIAH PEMENANG
Akan diambil 2 orang pemenang dengan penilaian kualitatif tertinggi (The Most Inspiring NOTES) dan 2 orang pemenang dengan penilaian kuantitatif tertinggi (The Most Favorite Notes).

The Most Inspiring NOTES:
Juara I : Netbook Elevo
Juara II : HSDPA Modem Wireless USB

The Most Favorite NOTES:
Juara I : Blackberry Gemini 8520
Juara II : HSDPA Modem Wireless USB

*Penilaian Kualitatif adalah penilaian yang dilakukan berdasarkan kualitas atau isi dari tulisan yang dinilai oleh Dewan Juri Internal dari tim AKU BISA. Penilaian Kuantitatif adalah penilaian yang dilakukan berdasarkan jumlah comment dan likes yang berhasil dikumpulkan peserta terhadap NOTES nya (Penjelasan lebih lanjut terdapat di ‘Kriteria Penilaian’).

PENGUNGUMAN PEMENANG
Pengumuman Pemenang akan diumumkan pada hari Senin, 31 Mei 2010 melalui FB ‘AKU BISA’

KRITERIA PENILAIAN
Penilaian pemenang dibagi menjadi 2 kriteria, yaitu:

a) Penilaian Kualitatif
Kualitas terhadap isi tulisan yang di post akan dinilai oleh Dewan Juri Internal. Penilaian
tersebut meliputi kriteria-kriteria sebagai berikut:

* Menyertakan biografi dari tokoh (20%)
* Menyertakan foto atau gambar wajah tokoh tersebut (10%)
* Menyertakan pengalaman hidup dan ciri-ciri yang menonjol dari tokoh tersebut (quotes, penampilan, pemikirian, dll) (20%)
* Menceritakan pelajaran penting apa yang didapat dari tokoh tersebut menurut peserta (30%)
* Menceritakan pengalaman hidup anda yang terinspirasi oleh tokoh tersebut (20%)

b) Penilaian Kuantitatif
Penilaian Kuantitatif terhadap tulisan yang di post akan dilakukan dengan cara menghitung jumlah user account FB yang memberikan comment dan/atau likes terhadap NOTES peserta. (3 likes bernilai sama dengan 1 user account FB yang memberikan comment).

HOW TO PLAY

1. Peserta harus terdaftar sebagai Fans ‘AKU BISA’ di Facebook. Bagi yang belum menjadi fans, dapat di klik di http://www.facebook.com/akubisa.
2. Peserta dapat mengirimkan tulisan ke email akubisa@akubisa.co.id selama periode kompetisi dilaksanakan (Setiap peserta diperbolehkan mengirimkan tulisan lebih dari satu).
3. Setiap tulisan yang dikutip dari sumber lain wajib menyertakan literatur atau referensi pada tulisannya.
4. Peserta yang mengirimkan tulisannya wajib melampirkan biodata yang berisikan:
Nama Lengkap
Nama Akun di Facebook
Tempat, Tanggal lahir
Jenis Kelamin
Alamat
Nomor HP / TLP yang bisa dihubungi
Email

* Harap menyertakan alamat tempat tinggal dengan jelas, contoh:
Jl. Akubisakitapastibisa V No. 9, RT.02 RW.03, Kampung Bandar Kecamatan Senapelan,
Pekanbaru, 28153.
* Pendaftaran peserta dan pengiriman tulisan sudah dapat dilakukan mulai dari tanggal 7 April 2010. Semua tulisan peserta akan mulai di publish di NOTES FB AKU BISA pada tanggal 14 April 2010.
5. Peserta yang telah mengirim tulisan dan biodata akan mendapatkan reply message berupa konfirmasi keikutsertaan dari tim AKU BISA.
6. Setelah anda mengirimkan tulisan ke email kami, Admin FB AKU BISA akan memposting tulisan anda ke dalam NOTES yang ada di FB AKU BISA selambat-lambatnya 2×24 jam setelah email anda diterima oleh Admin FB AKU BISA.
7. Peserta diperbolehkan mempomosikan NOTES nya agar semakin banyak user account FB yang memberikan comment dan likes dengan berbagai cara, baik online maupun offline.
8. Setiap user account FB yang memberikan comment dan likes dalam NOTES akan diperhitungkan dalam perhitungan Penilaian Kuantitatif. Jumlah comment yang dihitung dalam satu NOTES peserta bukan berdasarkan jumlah keseluruhan comment yang ada, tapi berdasarkan jumlah user account FB yang memberikan comment pada NOTES tersebut (Jika satu user account FB memberikan 5 comment terhadap 1 NOTES, maka hanya dihitung sebanyak 1 comment).
9. Peserta diperbolehkan memberikan comment dan likes terhadap NOTES nya sendiri namun
comment dan likes ini tidak akan diperhitungkan dalam Penilaian Kuantitatif dari postingan tersebut.
10. Hasil keputusan Dewan Juri Internal adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
11. Setiap tulisan yang telah dikirimkan akan menjadi hak milik Kalbe Nutritionals sepenuhnya dan dapat dipergunakan untuk kepentingan publikasi dalam bentuk apapun.
12. Admin FB AKU BISA berhak untuk tidak memposting tulisan yang dikirimkan oleh peserta.
13. Seluruh kompetisi ini tidak dikenakan biaya apapun dan pajak hadiah ditanggung oleh Kalbe Nutritionals
14. Kompetisi ini tidak berlaku untuk segenap karyawan Kalbe Nutritionals dan keluarganya.

MORE INFO
Jika terjadi perubahan maupun penambahan informasi tentang peraturan, akan diberitahukan melalui wall post Facebook ‘Aku Bisa’

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kompetisi ini dapat langsung menuliskan pertanyaan di Wall AKU BISA atau mengirim email ke arthur.dias@kalbenutritionals.com

AKU BISA! KITA PASTI BISA!



Info lomba dari
Arthur Dias