Rabu, 14 April 2010

info lomba - Ajang Ide Kreatif - Creative Solutions Award 2

Tenggat Periode I: 18 April 2010

Creative Solutions Award kembali lagi di tahun 2010 untuk memacu ide-ide kreatif dari para pemerhati dan pecinta dunia Teknologi Komunikasi dan Informasi (TIK) juga aspirasi unik dari seluruh masyarakat Indonesia yang jeli dan sensitif melihat kebutuhan akan layanan-layanan dunia industri yang tepat dan bermanfaat.
Sekilas Creative Solutions Award

Creative Solutions Award (CSA) adalah ajang kreativitas yang diluncurkan PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta) pada tahun 2009 sebagai wadah untuk memacu dan menampung ide-ide kreatif masyarakat Indonesia di bidang Teknologi Komunikasi dan Informasi (TIK), khususnya ide kreatif pemanfaatan solusi solusi Lintasarta untuk industri.

CSA 2: Jembatan Kreativitas Konsumen dan Dunia Bisnis

Creative Solutions Award kembali lagi di tahun 2010 untuk memacu ide-ide kreatif dari para pemerhati dan pecinta dunia Teknologi Komunikasi dan Informasi (TIK) juga aspirasi unik dari seluruh masyarakat Indonesia yang jeli dan sensitif melihat kebutuhan akan layanan-layanan dunia industri yang tepat dan bermanfaat.

CSA 2 hadir sebagai jembatan yang menyampaikan aspirasi dan ide-ide kreativitas dari konsumen kepada praktisi dunia industri dan bisnis di Indonesia sehingga sumber daya kreatifitas masyarakat ini dapat dikembangkan menjadi layanan-layanan bernilai tambah yang menguntungkan dunia industri dan membawa manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Tata Cara Perlombaan

1. Kunjungi www.creativesolutionsaward.com
2. Registrasi untuk menjadi peserta dengan menggunakan alamat email, account facebook, atau twitter Anda.
3. Setelah menyelesaikan proses registrasi, Anda dapat langsung memasukkan ide baru sesuai dengan tema yang sedang berlangsung, memberikan komentar pada ide-ide yang sudah ada, ataupun memberikan dukungan vote pada ide-ide yang Anda sukai.
4. Format ide yang dapat dimasukkan berupa paragraf singkat berisi uraian dalam Bahasa Indonesia. Anda juga dapat melengkapi ide dengan gambar-gambar dan skema pendukung.
5. Anda boleh memasukkan lebih dari 1 ide pada 1 tema, dan boleh memberikan ide pada semua tema yang ada selama acara berlangsung, kecuali apabila Anda telah memenangkan salah satu periode/tema kompetisi ini.
6. Ingatlah untuk selalu share ide kreatif Anda di facebook dan twitter agar semakin banyak teman dan kerabat yang memberikan vote pada ide Anda, dan semakin besar kesempatan Anda untuk menang.

Video

Selain memasukkan ide-ide kreatif, Anda juga dapat berpartisipasi di CSA 2 dengan memasukan VIDEO KREATIF mengenai CSA. 3 Video kreatif terbaik akan menjadi pemenang TOP AUDIO VIDEO

Debate Room

Menjelang pengumuman pemenang pada setiap dwiminggu, pada ide peserta yang berhasil menjadi top idea by vote akan muncul fitur Debate Room yang memungkinkan peserta untuk mempertahankan dan menyempurnakan idenya sesuai dengan komentar dan kritik yang ditulis peserta lain.

Pemenang dan Hadiah

Pada setiap periode CSA 2 akan menentukan 4 orang pemenang yang terdiri dari:

Dwiminggu Pertama:

* 1 Pemenang pilihan juri mendapatkan 1 Netbook

Dwiminggu Kedua:

* 1 pemenang pilihan juri mendapatkan 1 Netbook
* 1 pemenang pilihan peserta (by vote) mendapatkan 1 BB Gemini
* 1 pemenang pilihan peserta (by comment) mendapatkan 1 BB Gemini

Setiap peserta yang ide kreatifnya berhasil dipublikasikan di www.creativesolutionsaward.com akan mendapatkan hadiah langsung berupa sertifikat dan T-shirt unik.

Makin Seru dengan Fitur Jejaring Sosial

CSA 2 hadir dengan fitur tambahan yang menjadikan CSA berfungsi sebagai sarana networking dimana pesertanya dapat meng-update status, saling berkirim pesan dan berkomunikasi secara langsung.

Periode dan Tema

CSA 2 akan berlangsung dari tanggal 5 April – 25 Juli 2010 dan terbagi menjadi 4 periode yang masing-masing akan berlangsung selama 4 minggu. Masing-masing periode mengangkat 1 tema yang ditentukan oleh panel juri.

Tema Periode 1: 5 April – 18 April 2010

Desa Pinter

“Bagaimana memanfaatkan akses Internet untuk mendorong perekonomian yang mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat pedesaan di seluruh pelosok Tanah Air?”

Pemerintah telah meluncurkan program Desa Pinter (Desa Punya Internet) untuk menyediakan akses Internet hingga di tingkat Kecamatan. Tidak tanggung-tanggung, dana yang disiapkan mencapai Rp 2 triliun. Targetnya, pada 2015 semua Desa sudah tersambung ke Internet, mengikuti target PBB. Tahun ini, ada 5.748 Kecamatan di seluruh Indonesia sudah menikmati akses Internet. Desa Pinter adalah kelanjutan dari program sebelumnya, Desa Berdering yang menyediakan 27.000 sambungan telepon di 10.000 desa. Jadi setelah telepon nyambung, Internet juga nyambung.

So what? Kalau cuma akses saja, apakah bermanfaat bagi masyarakat desa? Menurut Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) ada hubungannya antara ekonomi dan akses Internet, menuju masyarakat broadband. Sambungan Internet itu harus ada isinya, seperti aplikasi bisnis. Apa lagi solusi kreatif yang bisa membuat Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) dalam Desa Pinter ini bisa meningkatkan produktivitas dan tingkat taraf hidup desa dan masyarakatnya, baik dalam hal perekonomian maupun pendidikan. Solusi kreatif itu tentunya harus memperhatikan: (1) Faktor kesiapan masyarakat untuk menyerap atau menerima teknologi baru,(2) Faktor sosial budaya lokal dan (3) Faktor produk unggulan dan daya saing daerah.



Sumber: Situs resmi CSA 2 LintasArta

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar