Rabu, 24 Maret 2010

Contoh Kerja Sistem: Komputer

Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari unit-unit yang saling berhubungan dan ada ketergantungan diantaranya. Setiap unitnya mempunyai fungsi dan peran masing-masing dalam sebuah sistem tersebut membentuk sebuah kesatuan yang terkoordinasi.
Contoh yang paling mudah adalah sistem kerja sebuah perangkat komputer. Seperangkat komputer terdiri dari beberapa unit yang mempunyai fungsi masing-masing. Beberapa unit itu bisa dibagi menjadi tiga bagian yaitu input, process dan output. Kerja dari ketiga bagian tersebut berbeda-beda, namun terkordinasi dalam sebuah tujuan yang sama. Di bagian input terdapat keyboard dan mouse sebagai unit masukan yang berfungsi memasukkan data-data user, kemudian di bagian process terdapat CPU yang berfungsi sebagai pengolah data yang telah masuk. Di bagian output terdapat monitor dan speaker sebagai unit keluaran yang berfungsi sebagai penyaji data yang telah terproses. Di samping itu, dalam CPU sendiripun masih terdapat sub sistem (RAM, Hardisk, DVD Room, VGA Card) yang juga terkoordinir menjadi sebuah CPU. Sub sistem tersebut juga bekerja untuk sistem yang lebih besar sebagai sebuah sistem komputer.
Kesemua unit-unit yang tergabung dalam seperangkat komputer tersebut mempunyai peran masing-masing yang saling mempengaruhi. Hilangnya sebuah unit akan mengakibatkan terganggunya kinerja sistem tersebut. Bisa dibayangkan jika seperangkat komputer kehilangan salah satu unitnya, semisal monitor, tentu komputer tersebut tidak bisa berfungsi optimal bahkan tidak bisa digunakan mengingat betapa pentingnya peran monitor dalam sebuah sistem kerja komputer. Begitu juga dengan rusaknya salah satu subsistem yang ada dalam komputer, misal RAM mati. Walaupun hanya sebagai kesatuan dalam subsistem namun tetap saja perannya begitu penting dan bisa mempengaruhi keseluruhan sistem.
Dapat disimpulkan bahwa sistem merupakan kesatuan yang kompleks antar unit yang bekerja secara terkoordinasi, saling mempengaruhi dan berhubungan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar